Tutorial Praktek Cara Membuat Backup Website Melalui CPanel Hosting

Hosting Murah Berkualitas

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kita sebagai penikmat manfaat kemajuan teknologi yang ada kita dimanjakan oleh fasilitas-fasilitas teknologi yang sudah berkembang saat ini, tidak terkecuali dengan dunia online. Dalam dunia online kita tidak bisa lepas dari sebuah website yang terhubung luas keseluruh dunia untuk diakses oleh jutaan bahkan miliaran orang didunia melalui media internet saat ini.

Kondisi-kondisi diatas tadi mengharuskan pemilik-pemilik website tadi membekali dirinya dengan berbagai skill dan keahlian dalam memaintain website miliknya tersebut. Hal ini menjadi penting dikarenakan dengan terbuka lebarnya aksi-aksi dan resiko-resiko peretasan terhadap sebuah website yang ada di internet. Salah satu upaya dan langkah untuk melindungi dan memprotek website kita dari aksi peretasan yang dilakukan oleh para hacker didunia ini, biasanya seorang admin yang memiliki website tersebut akan memasang berbagai macam security dalam websitenya tersebut. Namun sebagai benteng terakhir dari upaya pengamanan website ini, alangkah baiknya kita melakukan backup terhadap file-file website kita. Agar jika nantinya security yang kita pasang diwebsite kita masih dapat dijebol oleh para hacker tersebut maka kita masih memiliki file backupnya. Dan dapat dengan segera melakukan pemulihan terhadap website milik kita yang diretas tadi.

Berdasarkan paparan pertimbangan tadi diatas maka perlu kiranya saya membuat sebuah Tutorial Praktek Cara Membuat Backup Website Melalui CPanel Hosting agar anda bisa memproteksi website anda. Tindakan memBackup data file website anda ini mungkin akan berguna sekali sebagai solusi terakhir bagi anda jika suatu waktu security website anda memang bisa ditembus oleh para hacker yang bergentayangan didunia maya. Apalagi jika posisi website anda di search engine selalu ada di halaman pertama mesin pencarian. Maka siap-siaplah menghadapi berbagai serangan peretasan hacker yang ada diseluruh pelosok bumi ini.

Untuk itu mari kita mulai saja tutorial yang bertemakan tentang bagaimana cara membackup file website anda melalui Cpanel Hosting ini.

Silahkan anda login dulu ke halaman Cpanel Hosting website anda. Untuk dapat masuk ke halaman Cpanel website anda ini biasanya dengan cara mengetikkan nama website anda dilanjut dengan kata /cpanel dibelakangnya. Contohnya http://www.namawebsiteanda.com/cpanel.

Lalu anda akan dibawa masuk ke halaman Login Cpanel anda. Silahkan masukkan Username dan Password  Cpanel anda. Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini.

masukkan-username-dan-password-cpanel-website

Setelah berhasil login, anda akan dibawa kehalaman Dashboard Cpanel anda. Silahkan anda cari dan klik Icon yang bertuliskan Backup Wizard.

pilih-backup-wizard-dashboard-cpanel

Setelah anda mengklik icon Backup Wizard tadi, maka anda akan dibawa kehalaman berikutnya. Pada halaman ini kemudian anda klik Tombol Backup. Lihat seperti contoh pada gambar yang ditandai dengan kotak warna merah berikut ini.

pilih-tombol-backup

Setelah anda mengklik icon Tombol Backup tadi, maka anda akan dibawa kehalaman berikutnya. Pada tahap ini kita disediakan pilihan untuk membackup seluruh file website kita atau sebagian file dari website kita. Tapi untuk saat ini kita akan membackup dulu seluruh file website kita. Maka dari itu klik saja Tombol Full Backup.

cara-backup-full-website

Pada tahap berikutnya ini anda diminta untk memilih lokasi penyimpanan File Backup website anda. Silahkan pilih saja sesuai gambar dibawah ini yaitu di Home Directory Hosting anda. Jika anda akan mengirimkan pemberitahuan ke email tentang proses Backup ini, silahkan ceklist button option yang ada dibawahnya lalu isikan dengan email anda. Jika anda tidak ingin mengirimkan pemberitahuan dari proses Backup website anda ini, silahkan ceklist pilihan paling bawah dari halaman ini yang bertuliskan Do not send email of backup completion. Lalu klik Generate Backup.

pemberitahuan-backup-website-ke-email

Setelah anda mengklik tombol Generate Backup. maka proses backup website anda akan sedang dilakukan. termasuk pengiriman pemberitahuan backup ke email anda, jika anda pada halaman sebelumnya menceklist pilihan button option yang pertama yaitu untuk mengirimkan pemberitahuan pada email anda.  Jika tampil seperti gambar dibawah ini berarti proses Backup website secara Full berhasil dilakukan. Sekarang silahkan klik tombol Back

pemberitahuan-backup-website-berhasil-terkirim

Setelah anda mengklik tombol Back, maka akan tampil sebuah File Backup dari website anda. Pada tahap ini berarti proses Backup dari website anda secara Full sudah berhasil dilakukan. Untuk mendownloadnya silahkan anda klik File Backup website anda tersebut.

file-backup-berhasil-di-created

Setelah anda mengklik file Backup website anda yang sudah dibuat tadi, maka muncul kotak dialog untuk menyimpan File hasil backup tadi di komputer anda.

cara-download-file-backup-website

Nah, dengan mendownload File Backup tadi sekarang anda sudah memiliki Copyan dari website anda persis seperti website anda yang sedang online sekarang. Jika suatu waktu website anda ada hacker yang meretas dan mengacak-acak isi dan tampilan website anda, maka anda tinggal merestore file backup tadi ke hostingan tempat file-file website anda ditanamkan. Tentunya untuk merestore file backup ini membutuhkan teknik-teknik tersendiri agar nantinya website anda kembali ke settingan semula ketika anda melakukan backup. Untuk Tutorialnya nanti akan saya bahas di artikel yang lain.

saya cukupkan demikian saja bahasan tentang Tutorial Praktek Cara Membuat Backup Website Melalui CPanel Hosting ini. untuk anda yang belum mengenal istilah hosting yang ada pada judul bahasan ini, silahkan anda baca dulu artikel saya yang lain yang berjudul Pengertian dan Definisi Website, Domain Name Serta Web Hosting.

Tags: #membangun website #tutorial website #Web Hosting

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Pada saat yang lalu saya sudah membahas
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Bagi anda yang ingin memiliki banyak website
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Salah satu persyaratan untuk bisa memiliki sebuah
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Sebagai lanjutan dari pembelajaran membangun website, kali
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Sebelum anda memulai untuk belajar membuat website,
Cara Memasukkan Video Ke Halaman Website Dengan HTML
Cara Memasukkan Video Ke Halaman Website Dengan HTML
Pada kesempatan yang lalu saya sudah share
Cara Copy Paste Kode HTML Dari Website
Cara Copy Paste Kode HTML Dari Website
Copy paste adalah jurus kilat yang banyak

Beri komentar "Tutorial Praktek Cara Membuat Backup Website Melalui CPanel Hosting"

Baca juga×

Top