Pengertian dan Definisi Website, Domain Name Serta Web Hosting

dalam Web Hosting
Hosting Murah Berkualitas

Mungkin dari anda masih bingung dengan istilah yang akan saya bahas ini, terutama anda yang merupakan pemula dalam dunia Web Hosting ini. Pada artikel ini saya akan jelaskan satu-persatu tentang pengertian dan definisi dari website, web hosting dan domain. Jika anda adalah seorang pemula yang berkeinginan besar untuk mempelajari seluk bagaimana cara membuat website tentunya anda harus faham betul dengan ketiga istilah tadi diatas. Tapi jangan takut, pada artikel ini akan saya jelaskan apa definisi dari ketiga hal tersebut. maka dari itu ikuti terus artikel ini dan perhatikan dengan cermat apa yang akan saya jelaskan di artikel ini agar anda mengerti dan faham.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi melalui gadget kecil sebesar kepalan tangan. Mungkin anda mengerti bahwa informasi yang anda dapatkan itu berasal dari sebuah website. iya sebuah website.Tapi apakan anda tahu secara benar apa itu definisi dari website? Ketika anda disuguhkan pertanyaan ini mungkin anda masih bingung. Iya ya apa itu website? Berangkat dari pertanyaan ini saya merasa tergelitik untuk membuat artikel yang membahas tentang ini berikut hal-hal yang terkait lainnya dengan istilah website, yaitu web hosting dan domain name.

Kita mulai saja bahasan tentang hal ini dengan pengertian dan definsi dari istilah website itu sendiri.

Pengertian dan Definisi Website

Seperti yang anda ketahui dari paparan diatas tadi, bahwa ketika anda sedang browsing di internet mencari hal yang ingin anda ketahui, maka secara otomatis anda sedang mengunjungi sebuah halaman website. Jika anda sudah terbiasa dengan halaman website ini, maka sekarang saatnya anda mengerti tentang pengertian dan definisi dari website itu sendiri.

Pengertian dan Definisi Website atau yang biasa kita sebut dengan istilah situs ini adalah dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang isinya berupa informasi data teks, data gambar, data animasi, data suara, data video ataupun merupakan gabungan dari semua data-data tersebut diatas semuanya .Dimana dari semua data-data tersebut dapat saling bertautan dari satu halaman ke halaman yang lain, baik hanya bertautan ke dalam website itu saja maupun bertautan ke website yang lain. Bertautan disini artinya bisa ngelink ke data yang lain, ngelink ke halaman yang lain maupun ke website yang lain.

Secara simpelnya, ketika anda mendapatkan informasi dalam suatu halaman website maka anda akan menemukan informasi itu dalam berupa text, gambar, animasi, suara, video maupun dalam bentuk lainnya. Anda pastinya pernah melakukan klik pada salah satu text, gambar, animasi atau bentuk data lainnya pada sebuah halaman website yang anda kunjungi, lalu ketika di klik anda masuk ke halaman lain yang berbeda dari halaman sebelumnya yang anda lihat. Nah hal itu bisa dikatakan bahwa text, gambar, animasi tadi itu berarti ngelink ke halaman website yang lainnya. Bisa jadi anda diarahkan ke halaman lain dalam website itu juga maupun ke halaman website yang lain.

Untuk bisa membedakan bahwa sebuah link tersebut ngelink ke website itu sendiri atau ke website yang lain, anda bisa mengetahuinya melalui alamat url yang sedang anda kunjungi. Seperti contoh bahwa sebuah link tersebut ngelink ke website itu sendiri anda bisa klik contoh link itu disini peterwebs.com.Link ini adalah contoh Link yang ngelink ke halaman website itu sendiri cuma masuk ke halaman artikel yang lain. Sedangkan untuk contoh link yang ngelink ke website lain anda bisa klik link ini wikipedia.org.

Sekarang anda mengerti bukan bahwa website itu adalah terdiri dari banyak kumpulan halaman dan ditiap halaman-halamannya berbeda dengan halaman yang lain karena ditiap masing-masing halaman tersebut berisi text, gambar, animasi, suara, videonya berbeda satu sama lainnya. Dan halaman-halaman tadi tentunya dibuat oleh sipemilik website tersebut sesuai dengan karakter kreasinya masing-masing.

Pengertian dan Definisi Domain Name

Seperti yang anda tahu bahwa website yang anda kunjungi biasanya memiliki sebuah nama unik yang berbeda dengan nama website yang lainnya. Mungkin ketika anda browsing, anda mempunyai sebuah halaman website yang menjadi favorit anda dan sering anda kunjungi. Tentunya anda pasti akan ingat nama website itu kan? seperti contoh nama website ini yang memiliki nama yaitu peterwebs.com.

Nah, itulah yang disebut dengan Domain Name itu sendiri. Sebetulnya Domain name itu adalah berupa deretan angka yang disebut dengan IP. Cuma demi untuk memudahkan untuk diingat dan dikenali para pencari, maka alamat IP yang berupa angka itu dikonversi ke bentuk huruf agar gampang diingat oleh para pengunjung website. Seperti contoh No IP sebuah website adalah 192.168.125.654, bagaimana apakah anda bisa mengingatnya? tentunya anda kesulitan bukan? maka dari itu angka-angka itu tadi dirubah kebentuk text yang gampang diingat oleh manusia, seperti contoh nama website ini menjadi http://www.peterwebs.com. Bagaimana lebih mudah diingat bukan?

Jadi dengan bahasa bakunya wikipedia bahwa Pengertian dan Definisi dari Domain Name : Adalah nama unik (unique name) yang diberikan untuk mengidentifikasi (to identified) nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Adapun fungsi Domain adalah untuk memudahkan pengguna di internet pada saat mengakses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat (to memorize/to store) nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP  (Internet Protocol address) . Nama domain dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain terkadang dikenal istilah URL, atau alamat website.

Bagi orang yang yang mau memiliki sebuah nama domain untuk nama websitenya, maka dia harus membelinya pada penyedia jasa Domain dan Web Hosting terlebih dahulu. Pada prakteknya kadang nama domain yang kita inginkan sudah dibeli oleh orang lain. Jika terjadi kondisi ini maka mau tidak mau kita harus mencari nama domain yang lain yang namanya belum diambil alih oleh pihak lain. Sebuah nama domain biasanya dibelakangnya diberi embel-embel seperti .com, .net, .org, .info, .biz, .gov, .edu dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk teknisnya bagaimana cara membeli Domain dan Hosting akan saya bahas di artikel yang lainnya.

Pengertian dan Definisi Web Hosting

Jika anda ingin memiliki sebuah website maka anda harus membeli domain dan tempat hosting. Harus dibedakan antara website dengan blog, karena layanan blog seperti blogger dan wordpress biasanya gratis, karena blog sifatnya hanya sekedar menumpang hosting saja pada server penyedia blog gratis tersebut. Blog tidak menjamin file-file website anda bisa online selamanya. Ketika nanti layanan blog ini ditutup oleh penyedia hosting blog gratis ditutup, maka habislah blog gratisan anda. Namun untuk saat ini layanan blog gratis pada blogspot dan wordpress ini sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda akan ditutup. Tapi menurut sebagian para pakar SEO dan internet, website-website yang memiliki hosting berbayar ini biasanya lebih diutamakan ketika nantinya berkompetisi dalam perebutan posisi di mesin pencari search engine. Untuk itu disarankan anda membeli domain dan hosting sendiri.

Domain itu ibarat sebuah nama toko dan web hosting itu ibarat seperti lokasi dan tempatnya. Jadi ketika nama tokonya sudah kita temukan, maka tentunya kita butuh tempat untuk mendirikan nama toko tersebut agar menjadi sebuah usaha yang nyata wujud dan tempatnya. Demikian juga dengan web hosting dan domain ini, keduanya harus kita beli agar cita-cita kita memiliki sebuah website itu terwujud.

Idealnya, sebelum kita membeli domain dan hosting, kita sudah memiliki file-file dan halaman-halaman websitenya. Setelah file-file dan halaman websitenya kita miliki kita lanjut membeli nama domain untuk rencana website tersebut. Nah setelah file-file website dan domainnya sudah kita miliki tentunya kita membutuhkan tempat untuk membenamkan file-file website yang sudah kita miliki tadi agar bisa diakses secara online di internet. Tapi jangan takut saya akan memandu anda step by step bagaimana caranya membangun sebuah website sampai website tersebut bisa online dan nantinya bisa di akses melalui internet. Untuk itu ikuti terus update-update terbaru di website peterwebs.com ini.

Jadi Web Hosting ini dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk server tempat kita menyimpan berbagai file. File itu bisa berupa data text, gambar, animasi, video, data email, statistik website, database dan lain sebagainya yang nantinya akan kita tampilkan di website. Kapasitas penyimpanan server tersebut tergantung dari besarnya kapasitas web hosting yang kita sewa tersebut. Tentunya semakin besar kapasitas penyimpanannya maka semakin besar pula biayanya.  Besarnya hosting ditentukan dari ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Selain berapa besar kapasitas penyimpanan web hosting juga, kita harus memperhatikan lama sewa yang akan kita ambil. Lama sewanya biasanya selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan 2 tahun tergantung penyedia layanan hosting dan domainnya, paket apa saja yang ditawarkannya. Disamping itu juga kita harus jeli agar tempat web hosting yang nantinya akan kita sewa tersebut servernya benar-benar tangguh dari keseringan down dan layanan customernya cepat agar ketika kita ada masalah dapat ditanggapi dengan cepat.

Dengan menyewa sebuah web hosting nantinya kita sebagai pengguna akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk melakukan pengelolaan terhadap website kita nantinya. Penyewaan web hosting ini bisa dilakukan melalui perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Dalam pemilihan web hosting ini kita juga harus memperhatikan Lokasi peletakan pusat data centernya juga, karena hal ini nantinya akan berpengaruh pada pengaksesan website kita. Semakin dekat jaraknya ke lokasi tempat kita, maka kemungkinan aksesnya akan lebih cepat berbeda jika lokasinya jauh dari lokasi tempat kita. Dengan pertimbangan lokasi ini, maka selain itu kita juga harus tentukan nantinya website kita diperuntukkan untuk siapa? apakah untuk orang-orang indonesia ataukah orang yang berada diluar negri nan jauh disana. Jika target kita adalah lokal maka pilihlah web hosting yang ada di lokal agar proses pengaksesan website kita nantinya tidak lelet ketika akan diakses oleh para pengunjung. Jika target kita adalah orang diluar indonesia maka pilihlah web hosting yang pusat data centernya di luar indonesia pula. Kebanyakan penyedia web hosting yang ada saat ini pusat data centernya ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris, Amerika dan lain-lain, tentunya dengan harga sewa bervariasi juga.

Demikian penjelasan dari saya mengenai Pengertian dan Definisi Website, Domain Name Serta Web Hosting ini, semoga bisa menambah pengetahuan para pengunjung website ini, terutama bagi anda yang sedang mempelajari bagaimana cara membangun website. Untuk anda sebagai pemula yang berkeinginan besar untuk mempelajari bagaimana cara membangun website, saya sarankan untuk membaca artikel saya yang lain yang berjudul Langkah Awal Bagi Yang Ingin Belajar Membangun Website. Semoga Bermanfaat.

Tags: #membangun website #tutorial website #web design #Web Hosting

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Pada saat yang lalu saya sudah membahas
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Bagi anda yang ingin memiliki banyak website
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Salah satu persyaratan untuk bisa memiliki sebuah
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Sebagai lanjutan dari pembelajaran membangun website, kali
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Sebelum anda memulai untuk belajar membuat website,
Cara Memasukkan Video Ke Halaman Website Dengan HTML
Cara Memasukkan Video Ke Halaman Website Dengan HTML
Pada kesempatan yang lalu saya sudah share
Cara Mengcapture Gambar Di Komputer Dengan Screen Grab Pro
Cara Mengcapture Gambar Di Komputer Dengan Screen Grab Pro
Kali ini saya akan sharing bagaimana caranya

Beri komentar "Pengertian dan Definisi Website, Domain Name Serta Web Hosting"

Baca juga×

Top