Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui

dalam Wordpress
Hosting Murah Berkualitas

Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas tentang Cara Instal WordPress di Hosting Domain | Shehoster.com. Bagi anda yang belum membacanya silahkan anda baca dulu lalu praktekkan, karena artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengkonfigurasi wordpress yang baru saja anda instal pada tempat hosting dari domain anda tersebut. Hal ini menjadi penting karena agar wordpress anda nantinya bisa anda gunakan dengan settingan konfigurasi yang benar.

Jadi, artikel ini merupakan kelanjutan dari praktek artikel Cara Instal WordPress di Hosting Domain | Shehoster.com. untuk itu silahkan anda baca dulu artikel tadi, lalu silahkan praktekkan. Selain artikel tadi anda juga bisa melakukannya setelah anda mempraktekkan artikel saya sebelumnya yang lain yaitu Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp. Silahkan anda baca dulu salah satu dari ke 2 artikel diatas sebelum anda melakukan praktek yang ada pada artikel ini. Jadi, sebelum anda mempraktekkan artikel Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui ini, sebelumnya anda harus mempraktekkan lebih dahulu salah satu dari praktek pembelajaran yang ada pada salah satu artikel yang saya sebutkan tadi.

Oke sekarang kita lanjut saja bagaimana cara melakukan konfigurasi awal pada website wordpress anda yang baru saja di instal pada web hosting dari domain anda tersebut. Silahkan anda ikuti dengan cermat langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini.

Silahkan anda login dulu melalui halaman login website anda, caranya dengan mengetikkan NAMA DOMAIN ANDA, lalu di ikuti oleh kata /wp-admin dibelakangnya. Misalkan nama Domain website anda tersebut saya asumsikan adalah websitepertamaku.com, maka tulisan lengkapnya yang harus anda ketikkan pada kotak url di browser anda adalah sebagai berikut :

websitepertamaku.com/wp-admin

halaman login wordpress

Maka akan tampil halaman login dari website anda tersebut (lihat gambar diatas). Lalu silahkan anda masukkan Username dan Password yang sudah anda buat pada saat penginstalan wordpressnya sebelumnya (lihat artikel : Cara Instal WordPress di Hosting Domain | Shehoster.com untuk mengetahui username dan password wordpress anda tersebut).  Setelah itu silahkan tekan tombol Log in untuk mulai masuk ke dashboard wordpress anda. Jika username dan passwordnya sudah benar, maka anda akan dibawa ke halaman utama dashboard wordpress anda seperti gambar dibawah ini.

tampilan dashboard wordpress

Konfigurasi General Setting di WordPress

setelah Dashboard WordPress anda tampil, maka silahkan anda klik menu Settings –> General. yang ada pada menu sebelah kiri monitor anda.

menu settings general

Pada tampilan berikutnya anda akan dibawa ke halaman General Setting seperti gambar dibawah ini.

general settings wordpress

Pada tampilan general Setting seperti gambar diatas, silahkan anda sesuaikan dengan deskripsi website yang anda miliki. Konfigurasi standard pada halaman General settings ini sebenarnya sudah anda lakukan pada saat anda instalasi wordpress diawal (anda bisa lihat atau review prosesnya di artikel lainnya yang berjudul Cara Instal WordPress di Hosting Domain | Shehoster.com)

Pada Site Title : silahkan anda masukkan judul website anda.

Pada Tag Line : silahkan anda masukkan beberapa kata yang menjelaskan tentang deskripsi website anda.

Pada WordPress Address (URL) : silahkan anda masukkan alamat url dari website anda.

Pada Site Address (URL) : silahkan anda masukkan lagi alamat url dari website anda juga.

Pada Email Address : silahkan anda masukkan alamat Email anda. Anda mau pake email gmail atau pun lainnya pun tidak masalah. Bagi anda yang ingin memiliki email yang di belakang emailnya disisipkan nama domain anda, nanti saya akan bahas pada artikel lainnya. Untuk itu silahkan anda ikuti terus perkembangan website peterwebs.com ini.

Pada Site Language : silahkan anda pilih format bahasa yang akan anda gunakan untuk website anda.

Untuk settingan yang lainnya silahkan sesuaikan dengan apa yang anda inginkan atau sesuaikan dengan yang ada pada gambar diatas.

Jika anda sudah melakukan setting konfigurasi pada halaman General setting ini, lalu silahkan anda lanjutkan simpan settingan baru anda tersebut dengan klik tombol Save Changes.

Konfigurasi Writing Settings di WordPress

Selanjutnya silahkan anda masuk ke menu Writing untuk melanjutkan konfigurasi.

writing settings wordpress

Pada halaman writing settings ini, anda akan mengkonfigurasi default settings ketika nanti postingan anda di publish ke internet.

halaman writing settings wordpress

Pada halaman writing settings ini untuk sementara anda biarkan saja default seperti yang ada pada gambar diatas. Namun jika nanti wordpress anda sudah memiliki banyak postingan artikel tentunya anda nanti bisa mengubahnya disini. Jadi ketika anda nanti posting sebuah artikel, maka akan dimasukkan kedalam kategori yang sudah anda pilih pada Default Post Category diatas.

Sedangkan untuk baris Mail server dan settingan lainnya nanti akan saya bahas pada artikel saya yang lainnya. Sementara anda sesuaikan saja konfigurasinya seperti yang terpampang pada gambar diatas.

Setelah sudah anda lakukan setting konfigurasi seperti diatas, maka silahkan anda simpan settingan tersebut dengan mengklik tombol Save Changes.

Konfigurasi Reading Settings di WordPress

Selanjutnya untuk melakukan setting konfigurasi pada Reading Settings ini, maka silahkan anda ke menu Settings, lalu klik pada link Reading yang ada disebelah kiri Dashboard WordPress anda.

menu reading setting wordpress

Maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman Reading Settings seperti gambar dibawah ini.

halaman reading settings wordpress

Untuk sementara lakukan saja settingannya seperti apa yang tertera pada gambar diatas ini.

Pada Front page displays anda pilih saja Your latest posts agar artikel anda yang ditampilkan pada halaman utama anda itu disortir berdasarkan postingan terakhir dari artikel anda. Artinya postingan terakhir anda akan disimpan pada halaman utama paling atas.

Pada Blog pages show at most anda pilih 10 post atau pun terserah anda. Artinya dalam satu halaman utama website anda hanya menampilkan 10 postingan anda paling terakhir anda update atau publish.

Pada For each article in a feed, show anda bisa memilih Full ataupun Summary. Jika memilih Full maka tampilan postingan anda akan di tampilkan penuh, tapi jika anda memilih Summary, maka artikel anda pada halaman utama anda akan ditampilkan dalam bentuk ringkasan saja. Jadi untuk membaca penuh artikel anda maka pengunjung harus mengklik judul artikel anda tersebut. Demi keringkasan artikel anda dan agar halaman utama anda tidak berat ketika loading, maka saya sarankan anda pilih mode Summary saja.

Untuk Search Engine Visibility, anda bisa mengizinkan ataupun tidak mengizinkan search engine dalam mengindex website anda. Jika anda ingin agar website anda di index oleh search engine, maka Search Engine Visibility nya jangan di check list. Tapi jika anda masih dalam pembangunan website anda, dimana anda masih sibuk dengan setting sana setting sini pada wordpress anda, maka silahkan anda check list dulu untuk sementara pada bagian Search Engine Visibility ini. Tapi saya peringatkan, agar anda tidak lupa untuk mengembalikan posisinya pada kondisi unchecklist atau tidak di checklist pada bagian ini, jika website anda sudah siap dilepas di internet, karena jika anda lupa masih tetep checklist pada bagian ini, maka kemungkinan buruknya adalah website anda nantinya akan terisolir dan tidak terjangkau oleh search engine.

Setelah sudah anda lakukan setting konfigurasi seperti diatas, maka silahkan anda simpan settingan tersebut dengan mengklik tombol Save Changes.

Konfigurasi Discussion Settings di WordPress

Selanjutnya untuk melakukan setting konfigurasi pada Discussion Settings ini, maka silahkan anda ke menu Settings, lalu klik pada link Discussion yang ada disebelah kiri Dashboard WordPress anda.

menu discussion settings wordpress

Maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman Discussion Settings seperti gambar dibawah ini.

halaman discussion settings wordpress

Pada halaman diatas, jika anda mengijinkan orang lain untuk berkomentar pada setiap postingan artikel anda, maka silahkan anda checklist semua 3 check box yang ada pada bagian Default Article Setting. Namun jika anda tidak mengijinkan orang lain untuk berkomentar pada setiap postingan artikel anda, maka silahkan anda jangan checklist semua 3 check box yang ada pada bagian Default Article Setting diatas. Setelah sudah anda lakukan setting konfigurasi seperti diatas, maka silahkan anda simpan settingan tersebut dengan mengklik tombol Save Changes.

Konfigurasi Permalink Settings di WordPress

Selanjutnya untuk melakukan setting konfigurasi pada Permalink Settings ini, maka silahkan anda ke menu Settings, lalu klik pada link Permalinks yang ada disebelah kiri Dashboard WordPress anda.

konfigurasi permalinks wordpress

Maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman Permalink Settings seperti gambar dibawah ini.

permalink settings wordpress

Jika anda sudah masuk pada tampilan gambar diatas, maka silahkan anda input format permalink website anda pada baris Custom Structure dengan format : /%postname%/

hal diatas dilakukan dengan tujuan agar nanti ketika anda posting artikel, maka format alamat url yang ditampilkan pada address bar browser anda tersebut menampilkan nama domain anda diikuti dengan nama judul artikel anda, sebagai contoh anda bisa lihat contohnya di artikel ini Cara Membeli Domain Dan Hosting. Nanti anda akan melihat alamat url anda tersebut formatnya dengan menyebutkan nama domain anda + judul artikel anda, contohnya adalah sebagai berikut :

http://www.peterwebs.com/cara-membeli-domain-dan-hosting/

Sebenarnya hal ini bermanfaat juga untuk optimasi SEO website anda agar gampang di index oleh search engine ketimbang jika anda menggunakan format url tanggal ataupun yang lainnya. Karena dalam judul artikel anda terdapat keyword yang memang jadi makanan dari search engine atau mesin pencari seperti google, yahoo dan lain-lain.

Untuk settingan yang lainnya pada halaman Permalink Settings ini relatif tidak perlu dilakukan banyak perubahan lagi. Setelah sudah anda lakukan setting konfigurasi seperti diatas, maka silahkan anda simpan settingan tersebut dengan mengklik tombol Save Changes.

Bagi anda yang ingin melihat kejadian visual & suaranya silahkan anda lihat di video berikut melalui Link yang dibawah ini. Atau Jika anda ingin melihat semua Video Tutorial Pembelajaran lainnya yang sudah saya upload ke youtube, maka silahkan anda kunjungi saja channelnya dengan klik link ini.

Channel Tutorial :

https://www.youtube.com/channel/UC-FBAJCJ8akIf2TG1hf959A

Channel Hiburan :

https://www.youtube.com/channel/UCVNwNddfe0XxxQdD5dZnb0w

Untuk memudahkan anda mendapatkan Update Video terbarunya, maka silahkan anda klik tombol SUBSCRIBE atau LANGGANAN di ke 2 channel youtube tadi GRATIS tidak dipungut biaya sepeserpun.

Jangan lupa klik tombol SUBSCRIBE nya untuk ber LANGGANAN GRATIS di ke 2 channel youtube saya ini untuk memudahkan anda mendapatkan UPDATE VIDEO TERBARU dari saya.

 

Saya cukupkan sampai disini dulu artikel saya yang berjudul Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui ini. Silahkan anda lihat artikel saya yang lainnya yang membahas tentang Cara Posting Artikel Di Website WordPress. Semoga upaya saya yang sedikit ini bisa membantu anda dalam mewujudkan mimpi anda untuk memiliki sebuah website. Semoga bermanfaat dan selamat praktek.

Tags: #belajar wordpress #blogging #membangun website #trik wordpress #tutorial website #web design #Web Hosting

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Website Tempat Download Gambar Gratis
Website Tempat Download Gambar Gratis
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Pada saat yang lalu saya sudah membahas
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Setelah anda mengikuti artikel saya yang berjudul
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Berdasarkan permintaan temen saya dan subscriber di
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Bagi anda yang ingin memiliki banyak website
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Salah satu persyaratan untuk bisa memiliki sebuah
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Sebagai lanjutan dari pembelajaran membangun website, kali
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Sebelum anda memulai untuk belajar membuat website,

Beri komentar "Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui"

Baca juga×

Top