Hal Penting Sebelum Mengganti Theme Atau Template Blog

dalam Wordpress
Hosting Murah Berkualitas

Bagi anda yang notabene seorang blogger, mengganti tampilan theme atau template blog berkali-kali tentunya kadang menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi sebagian blogger. Karena hal ini tentunya dapat memuaskan hati jika tampilan blog kita tampak cantik ketika dikunjungi. Tidak jarang kita pun bosan dengan tampilan blog kita dengan tampilan yang itu-itu melulu, lalu kemudian mencoba tampilan-tampilan dari theme atau template lain yang sesuai dengan selera masing-masing. Namun sebagian dari mereka kadang  tidak menyadari efek dari seringnya mengganti theme atau template blog tersebut terhadap website dan blognya itu sendiri.

Bagi anda yang akan mengganti theme atau template blog anda, mulai sekarang sebaiknya fikirkan kembali sebelum mengganti theme atau template anda. Apalagi jika website dan blog anda itu sudah memiliki banyak pengunjung sebelumnya. Karena hal ini nantinya sedikit banyak akan memberi efek pada perkembangan website dan blog anda. Lalu pertanyaannya adalah memang apa yang akan terjadi pada website dan blog anda jika terlalu sering mengganti tampilan template blog? Alasannya adalah sebagai berikut.

Akan ada Link Yang Rusak (Broken Link)

Dengan mengganti theme atau template blog, biasanya akan ada beberapa link yang rusak (broken link). Hal ini bisa terjadi karena link-link yang sebelumnya sudah anda bangun dengan template atau theme sebelumnya biasanya settingannya akan berubah mengikuti settingan theme dan template yang baru anda pakai tersebut. Jika link-link yang rusak tersebut jumlahnya banyak tentunya hal ini akan cukup merepotkan anda. Menurut pengalaman saya, link yang umumnya terjadi dan hampir bisa dipastikan bahwa link itu akan rusak adalah link yang ada di area footer blog dan website anda. Mungkin jika hanya link yang ada di area footer saja yang rusak, hal ini tidak akan merepotkan. Anda tinggal setting ulang link tersebut, namun jika link-link yang rusak itu ada pada artikel dan jumlah artikel anda itu jumlahnya cukup banyak, anda bisa bayangkan sendiri bagaimana repotnya anda ketika membereskn link-link yang rusak tersebut. Belum lagi nantinya link-link yang rusak tersebut ada di beberapa area-area lainnya yang ada pada website dan blog anda tersebut.

Robot Google Akan Kesulitan Ketika Merayapi Blog

Ketika kita mengganti Theme atau Template blog, maka secara otomatis susunan script yang menjadi pembangun web dan blog kita pun pastinya akan berubah pula. Dan hal ini tentunya akan merubah wajah dan tampilan website dan blog kita tersebut. Jika hal ini terjadi maka nantinya akan menyulitkan kerja dari robot google dalam merayapi setiap halaman dari website dan blog kita, karena robot google harus beradaptasi lagi dengan susunan template baru anda dalam merayapi setiap halaman demi halaman yang ada dalam website dan blog anda. Dan untuk agar robot google tersebut bisa kembali ke performa semula dalam kemampuannya merayapi halaman-halaman blog anda tentunya hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Ketika robot google menciptakan Crawl blog error, biasanya alexa rank dan pengunjung website dan blog akan menurun beberapa hari sampai robot google benar-benar bisa pulih kembali kemampuannya dalam membaca susunan template baru anda tersebut.

Kemungkinan Loading Blog Akan Lebih Lelet

Salah satu resiko dari efek mengganti Theme atau Template blog salah satunya adalah kemungkinan loading blog anda akan lebih lelet ketimbang ketika memakai Theme atau template yang sebelumnya. Hal ini sebetulnya tidak mutlak akan terjadi dan kondisional, tergantung bagaimana anda memilih Theme atau Template yang akan dipakai. Jika template atau theme yang akan dipakai memang lebih fast response, maka bisa jadi loading blog anda akan lebih cepat, namun ketika dalam pemilihan theme atau template blog tersebut anda melakukannya serampangan tanpa pengetahuan dalam pemilihannya maka kemungkinan resiko loading blog akan menjadi lebih lelet loadingnya akan lebih besar. Oleh karena itu, pilih lah theme dan template yang kecepatan loadingnya cepat, desainnya menarik dan tampilannya elegan ketika digunakan.

Elemen Widget Kemungkinan Akan Tampak Aneh

Selain efek-efek yang sudah disebutkan diatas, mengganti Theme atau Template blog pun bisa mengakibatkan akan adanya elemen widget yang kemungkinan akan tampak aneh. Hal ini bisa terjadi karena widget bawaan dari theme dan template sebelumnya akan terbawa pada template atau theme baru yang sekarang anda pasang. Jika ini terjadi maka tampilan dari website dan blog anda tadi tentunya akan menjadi kacau dan aneh karena akibat dari susunan template sebelumnya masih terbawa pada template dan theme yang baru saja anda pasang tadi.

Akan Membuang Waktu Anda

Mengganti Theme atau Template blog memang mengasyikkan. Dengan sekejap anda bisa melihat tampilan website dan blog anda berganti kulit dalam sekejap. Kadang dulu pun saya demikian, saya coba satu-persatu theme yang sudah saya punya pada beberapa web dan blog saya. Alhasil saya pun bingung mau pakai yang mana. Mengganti Theme memang cuma menghabiskan waktu kita beberapa menit saja, namun dalam pemilihan widget apa yang digunakan, proses pengeditannya sampai proses penyempurnaannya bisa memakan waktu hampir beberapa menit bahkan mungkin sampai berjam-jam. Belum lagi kita harus mengedit settingan ini itu pada template dan theme yang baru tersebut, karena kalu tidak disetting kadang tidak tampil pada blog dan website. Belum lagi kita tergiur untuk mencoba-coba menggunakan fitur baru yang ada pada theme dan template baru tersebut. Jika waktu kita habis hanya untuk mencoba-coba Mengganti Theme atau Template blog saja, lalu kapan kita buat artikel barunya?.

Jumlah Visitor Akan Mengalami Penurunan

Dari efek-efek tadi diatas yang sudah disebutkan, hal lain yang paling menakutkan adalah jika jumlah visitor atau pengunjung website dan  blog kita itu jumlahnya anjlok mengalami penurunan dengan drastis. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Logikanya, silahkan anda fikirkan sendiri bagaimana visitor anda tidak kabur jika link-link yang ada pada blog dan website anda yang tadinya berjalan dengan baik lalu rusak seketika. Pastinya para pengunjung akan mendapati halaman blog dan website anda error disana sini. Selain itu robot google pun kesulitan dalam merayapi halaman website dan blog anda sehingga robot google mengalami kegagalan dalam meng-crawl website dan blog anda sehingga anda kehilangan visitor gratis yang potensial dari search engine ini. Bukankah itu akan menjadi kerugian yang besar bagi anda.

Silahkan fikirkan juga efek dari tampilan yang kacau karena ada widget yang aneh pada website dan blog anda, tentunya ini akan memberi kesan yang tidak profesional pada anda sebagai pemilik web dan blog tersebut. Belum lagi loading blog dan website anda berubah kecepatan loadingnya menjadi sangat lelet. Bukankah hal-hal tersebut cukup menjadi alasan yang kuat bagi para visitor untuk meninggalkan blog dan website anda?

Dengan alasan-alasan yang sudah saya sebutkan diatas tadi, mulai dari sekarang sebelum anda Mengganti Theme atau Template blog anda sebaiknya dipertimbangkan kembali kebaikan dan keburukan yang akan terjadi pada website anda. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu sering Mengganti Theme atau Template blog anda. Meskipun anda tetap ingin melakukannya, maka carilah referensi yang benar dan lengkap  untuk melakukannya dengan benar dan aman bagi performa website dan blog anda.

Cukup sekian pembahasan artikel yang berjudul Hal Penting Sebelum Mengganti Theme atau Template Blog dari saya. Ikuti terus update-update artikel lainnya hanya di website peterwebs.com ini. Semoga bermanfaat.

 

Tags: #belajar wordpress #blogging #trik wordpress #tutorial seo #tutorial website

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Website Tempat Download Gambar Gratis
Website Tempat Download Gambar Gratis
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Pada saat yang lalu saya sudah membahas
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Setelah anda mengikuti artikel saya yang berjudul
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Berdasarkan permintaan temen saya dan subscriber di
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Bagi anda yang ingin memiliki banyak website
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Salah satu persyaratan untuk bisa memiliki sebuah
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Sebagai lanjutan dari pembelajaran membangun website, kali
  1. author

    Kristen2 tahun yang lalu

    I have been browsing online greater than 3 hours lately, but I by no means
    found any attention-grabbing article like yours. It’s lovely price sufficient for me.
    Personally, if all webmasters and bloggers made good content as
    you probably did, the web will probably be much more useful than ever before. http://yahoo.co.uk

    Balasan
    • author
      Penulis

      Apit Saepulloh2 tahun yang lalu

      Thanks for your review to this site. i hope i can do it more better next time

      Balasan
  2. author
    Penulis

    Apit Saepulloh2 tahun yang lalu

    ok thanks. i will consider your suggest

    Balasan
  3. author

    junk car buyer houston2 tahun yang lalu

    very nice post, i definitely really like this amazing site, persist in it

    Balasan

Beri komentar "Hal Penting Sebelum Mengganti Theme Atau Template Blog"

Baca juga×

Top