Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli

dalam Web Hosting
Hosting Murah Berkualitas

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika anda baru saja membeli sebuah nama Domain dan Hosting adalah melakukan penyetingan pada DNS atau Nama Server dari nama Domain yang baru saja anda beli tadi. Kenapa hal ini harus dilakukan? Hal ini harus dilakukan agar nama Domain yang baru saja anda beli tadi bisa diarahkan ke alamat Server Hosting yang sudah anda beli tadi. Dengan demikian jika hal-hal tersebut tadi sudah dilakukan dengan benar, maka alamat nama Domain anda tadi bisa diakses melalui media internet dengan catatan jika file-file websitenya memang sudah anda upload ke alamat Web Hosting anda tersebut.

Jadi kesimpulannya, jika anda belum mengarahkan Domain anda ke Nameserver Hosting yang baru saja anda beli, maka tidak serta merta Domain anda tersebut bisa langsung di akses di internet. Jika anda coba mengaksesnya di browser  anda maka akan ada peringatan pada browser anda bahwa Domain dari server anda itu tidak ditemukan atau Server not found. Tapi pada beberapa perusahaan layanan Domain dan Hosting, memang ada juga yang langsung mengkonfigurasi domainnya langsung menuju DNS nameservernya ketika anda membeli sekaligus paket Domain dan Hostingnya pada perusahaan tersebut. Tapi jika belum dikonfigurasi, maka anda harus mengkonfigurasinya sendiri.

Untuk itu langkah ini sangat penting sekali untuk anda lakukan jika anda baru saja membeli sebuah nama Domain dan Hosting. Bagi anda yang belum tahu bagaimana caranya membeli sebuah nama Domain dan Hosting, maka silahkan anda baca dulu artikel saya yang berjudul Cara Membeli Domain Dan Hosting. Untuk mengetahui bagaimana caranya merubah DNS atau Name Server dari Domain yang baru saja anda beli tadi agar terkoneksi ke server Web Hosting anda, maka silahkan baca terus artikel ini.

Cara untuk Merubah DNS Atau NameServer Dari Domain Yang Baru Di Beli agar terkoneksi ke alamat We Hosting yang sudah anda beli tadi, maka caranya adalah gampang. Anda tinggal mengisikan detail-detail informasi yang dikirimkan ke email anda ketika melakukan pembelian Domain dan Hosting dari perusahaan tempat anda membeli Domain dan Hosting tadi.

Untuk lebih detailnya silahkan anda lihat lagi email kiriman dari perusahaan tempat anda membeli domain dan hosting tadi, emailnya berisi detail-detail informasi tentang Domain dan Hosting anda. Biasanya isi emailnya adalah sebagai berikut.

email informasi akun cpanel dari shehoster

Silahkan anda klik pada email yang berjudul New cPanel Account Information pada inbox email anda. Maka akan tampil detail informasi tentang Akun cPanel anda. Untuk lengkapnya lihat gambar dibawah ini.

email berisi informasi penting domain dan hosting cpanel

Silahkan anda simpan baik-baik informasi-informasi dari email pada gambar diatas, jangan sampai lupa dan jangan sampai ada orang lain yang tahu tentang informasi-infromasi ini, karena informasi ini bersifat rahasia dan hanya anda yang boleh tahu. Penjelasan detail dari informasi pada gambar diatas adalah sebagai berikut. (Saya asumsikan nama Domain anda adalah websitepertamaku7.com

Username : adalah nama user yang akan anda gunakan untuk melakukan login ke halaman cPanel Domain websitepertamaku7.com anda untuk melakukan settingan website anda.

Password : adalah kode password yang akan digunakan untuk Username tadi dalam melakukan login ke halaman cPanel website anda dalam melakukan settingan pada Domain websitepertamaku7.com anda tadi.

Control Panel URL : adalah alamat URL dari halaman cPanel website anda. Pada halaman ini nantinya anda akan melakukan setting konfigurasi mengenai website anda. Untuk login ke cPanelnya nanti anda tinggal mengetikkan dengan format nama domain anda diikuti kata cPanel. Contohnya penulisannya adalah sebagai berikut http://www.websitepertamaku7.com/cpanel

Name Server 1 dan Nama server 2 : adalah DNS atau Nameserver yang akan digunakan untuk nama domain websitepertamaku7.com anda tadi. Nama server 1 yang digunakan yaitu ns1.shehoster.com dan Nama server 2 nya adalah ns2.shehoster.com. kedua alamat Nameserver inilah yang akan kita gunakan pada pembelajaran di artikel Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli ini.

Web Page URL : adalah alamat URL dari nama domain halaman website anda. pada latihan kemarin kita memakai nama domain atau Web Page URL http://www.websitepertamaku7.com

Nah, untuk bagaimana cara melakukan perubahan pada DNS Atau NameServer Dari Domain Yang Baru Di Beli tadi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Silahkan anda masuk dulu ke halaman utama website tempat anda membeli Domain dan Hosting anda dengan mengetik alamat URL website penyedia penjualan domain dan hosting anda. Dalam artikel sebelumnya anda saya arahkan untuk membeli domainnya di shehoster.com. Silahkan anda ketikkan https://www.shehoster.com/ pada box URL browser anda.

kunjungi halaman utama shehoster

Lalu silahkan anda klik pada tombol Client Area untuk masuk pada halaman Client Area dari Shehoster.com tadi. Maka anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.

halaman client area login shehoster

Pada gambar diatas ini, silahkan anda masukkan alamat Email yang anda gunakan ketika anda membeli domain dan hosting di shehoster.com sebelumnya. Lalu lanjutkan dengan mengklik tombol Login.

klik icon domain pada dashboard

Setelah tampil gambar seperti diatas, maka silahkan anda klik pada bagian 3 Domains seperti contoh pada gambar diatas. Maka anda akan masuk ke halaman berikutnya seperti gambar dibawah ini.

manage name servers

Lalu silahkan anda pilih nama Domain yang akan anda konfigurasi dengan klik satu kali pada bagian icon tanda panah kebawah disebelah kanan nama Domainnya, lalu silahkan pilih menu Manage Nameservers. Untuk jelasnya silahkan anda lihat lagi gambar diatas.

Setelah anda mengklik menu Manage Nameservers tadi, maka anda akan dibawa ke halaman berikutnya untuk memulai mengkonfigurasi Name Server dari Nama Domain anda tadi. Silahkan anda masukkan alamat Nameserver yang anda dapatkan dari email anda sebelumnya tadi.

masukkan nameserver untuk domain anda tadiSampai pada tahap ini berati anda sudah melakukan konfigurasi terhadap Nameserver pada Domain anda. Proses untuk mengarahkan nama Domain anda ke Nameserver yang baru ini membutuhkan waktu beberapa jam, untuk itu maka tunggulah 12 – 24 jam sampai nanti Domain anda tersebut akan diarahkan ke Nameserver yang baru saja anda konfigurasi tadi.

Tanda bahwa konfigurasi DNS domain anda tersebut sukses dilakukan dan sudah diarahkan ke Nameserver tadi, maka ketika anda mengetikkan nama Domain tadi di internet melalui browser anda, maka anda tidak lagi menemukan keterangan bahwa server not found pada browser anda. Mungkin tampilannya berupa halaman kosong, karena hostingan anda belum anda isi dengan file apapun. Untuk mengisi server anda tersebut nanti akan saya ajarkan bagaimana caranya menginstal wordpress langsung dari web hosting anda. Untuk itu ikuti terus update artikel dan video tutorialnya di website peterwebs.com  ini.

Bagi anda yang ingin melihat kejadian visual & suaranya silahkan anda lihat di video berikut melalui Link yang dibawah ini. Atau Jika anda ingin melihat semua Video Tutorial Pembelajaran lainnya yang sudah saya upload ke youtube, maka silahkan anda kunjungi saja channelnya dengan klik link ini.

Channel Tutorial :

https://www.youtube.com/channel/UC-FBAJCJ8akIf2TG1hf959A

Channel Hiburan :

https://www.youtube.com/channel/UCVNwNddfe0XxxQdD5dZnb0w

Untuk memudahkan anda mendapatkan Update Video terbarunya, maka silahkan anda klik tombol SUBSCRIBE atau LANGGANAN di ke 2 channel youtube tadi GRATIS tidak dipungut biaya sepeserpun.

Jangan lupa klik tombol SUBSCRIBE nya untuk ber LANGGANAN GRATIS di ke 2 channel youtube saya ini untuk memudahkan anda mendapatkan UPDATE VIDEO TERBARU dari saya.

Saya cukupkan sampai disini dulu tentang artikel saya yang berjudul Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli ini. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang ilmu website anda dan bisa membantu serta memudahkan anda dalam melakukan praktek pembelajaran website yang ada pada website peterwebs.com ini. Nanti silahkan baca artikel lanjutannya tentang Cara Instal WordPress Di Web Hosting. Selamat praktek, Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Tags: #belajar wordpress #blogging #membangun website #tutorial website #Web Hosting

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Website Tempat Download Gambar Gratis
Website Tempat Download Gambar Gratis
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Pada saat yang lalu saya sudah membahas
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Setelah anda mengikuti artikel saya yang berjudul
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Berdasarkan permintaan temen saya dan subscriber di
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Bagi anda yang ingin memiliki banyak website
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Salah satu persyaratan untuk bisa memiliki sebuah
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp
Sebagai lanjutan dari pembelajaran membangun website, kali
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Sebelum anda memulai untuk belajar membuat website,
  1. author

    shooter online free game2 tahun yang lalu

    I know, how it is necessary to act, write in personal

    Balasan

Beri komentar "Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli"

Baca juga×

Top