Cara Mengatasi Kejang Karena Demam tinggi Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)

Hosting Murah Berkualitas

Sebagai orang tua yang siaga, ada baiknya anda selalu mencari informasi dari berbagai sumber terpercaya tentang berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada anak dimasa yang akan datang baik dari psikologisnya maupun dari segi kesehatannya. Agar jika nanti kemungkinan-kemungkinan itu terjadi pada anak anda, maka anda sudah tahu apa solusinya untuk memecahkan permasalahan tersebut. Salah satu kemungkinan-kemungkinan umum yang mungkin juga akan terjadi pada anak anda salah satunya adalah seorang anak biasanya akan mengalami kejang-kejang jika sedang mengalami demam yang tinggi.

Iya pada kesempatan kali saya sedang ingin membahas masalah ini, sebagai lanjutan dari artikel saya sebelumnya yang membahas tentang Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun). Tapi kali ini saya akan membahasnya lebih dalam lagi, bukan hanya mengatasi demam pada anak saja tapi juga jika demam anak anda itu sampai bisa mengakibatkan reaksi kejang-kejang pada anak anda.

Mungkin masih banyak orang tua yang belum tahu bahwa demam yang tinggi pada anak bisa menyebabkan reaksi kejang-kejang pada anak. Untuk itu maka sebagai orang tua yang siaga anda harus mencari banyak informasi tentang bagaimana cara menanggulangi berbagai masalah yang akan terjadi pada anak itu, tidak terkecuali dengan masalah ini. Tentunya anda pernah melihat kejadian ini dilingkungan anda terdekat baik itu di anak tetangga anda maupun salah satu anak dari keluarga dekat anda. Maka dari itu anda sebagai orang tua harus lebih aware terhadap masalah yang berhubungan dengan anak anda dengan cara mempersiapkan bekal-bekal pengetahuan yang cukup untuk menanggulanginya, karena hal ini berkaitan dengan keselamatan nyawa anak anda.

Istilah kejang-kejang pada anak ini biasanya dikenal dengan istilah step, stuip atau istilah yang lebih membumi di masyarakat disebut dengan istilah ayan . Penyebabnya bisa berbagai macam, salah satunya adalah karena demam tinggi yang sedang diderita oleh anak anda. Jika tidak segera ditangani dengan baik hal ini bisa  jadi penyebab munculnya resiko yang lebih akut lagi yaitu epilepsi. Walaupun Potensi epilepsi pada anak yang pernah mengalami kejang-kejang itu adalah cuma 7 persen saja. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa antara kejang-kejang pada anak dengan epilepsi itu berbeda. Kejang-kejang yang terjadi pada anak yang potensial untuk menjadi epilepsi biasanya tidak disertai demam. Sementara kejang-kejang yang terjadi pada anak yang disertai demam (kejang-demam) ada kemungkinan akan berulang antara 30-37 persen ketika anak anda sudah memasuki usia pertumbuhan emasnya yaitu antara 6 bulan sampai 6 tahun, dengan kisaran lama kejangnya kurang dari 15 menit.

Untuk pengetahuan tambahan tentang penyakit kejang-kejang ini saya jelaskan dulu beberapa penyebab umum kenapa terjadi kejang-kejang pada anak, penyebabnya adalah sebagai berikut :

Kejang Karena Demam Tinggi Pada Anak

Faktor Demam tinggi inilah yang akan saya bahas lebih dalam di artikel ini, karena kejang-kejang jenis inilah yang biasanya umum terjadi pada anak. Bila suhu tubuh anak mengalami kenaikan suhu tubuh yang tinggi secara tiba-tiba hingga 39 Celcius atau lebih, maka hampir bisa dipastikan anak anda akan mengalami demam. Bila suhu panasnya sudah melewati batas daya tahan tubuhnya kemungkinan anak anda akan mengalami kejang-kejang.

Kejang Karena Faktor Penyakit Lain Pada Anak

Jangan menganggap remeh setiap penyakit ringan yang diderita anak anda. Kita sebagai orang tua harus sensitif terhadap setiap perubahan kesehatan anak kita. Demikian juga ketika anak anda sedang menderita penyakit yang mungkin oleh sebagian orang tua dianggap remeh seperti flu, pilek, infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, infeksi saluran kencing, reseola infentum, ataupun setelah anak diimunisasi. karena bisa jadi penyakit-penyakit jenis ini juga bisa mengundang penyakit-penyakit lainnya yang bisa membuat anak anda kejang-kejang. Disamping itu juga penyakit-penyakit serius seperti pneumia dan meningitis juga harus diperhatikan.

Kejang Karena Adanya Riwayat Penyakit Dari Keluarga

Secara medis bentukan fisik, sifat dan karakter seorang anak itu dipengaruhi oleh genetika dari orang tua ataupun garis keturunan orang tuanya. Kadang dikehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan bahwa bukan hanya dari ibu bapaknya saja bahkan bisa juga terjadi loncatan genetika dari nenek ataupun kakeknya turun ke cucunya. Tidak terkecuali dengan Riwayat penyakit dari keluarga pun memiliki peranan yang sangat vital dalam terjadinya penyakit kejang pada anak. Jika orang tua biologis seorang anak memiliki riwayat kejang ini, maka7,5 Persen anaknya pun akan memiliki kemungkinan potensi menderita penyakit kejang ini juga. Kemungkinan resiko diwariskannya resiko penyakit kejang ini pada seorang anak akan kian menguat jika saudara kandung dari kedua orang tuanya pun memang pernah mengalami penyakit kejang ini juga.

Kita kembali ke bahasan tentang kejang-kejang yang diakibatkan oleh demam tinggi pada anak. Ciri khas dari  kejang-kejang yang disebabkan oleh demam yang tinggi ini adalah karena kenaikan suhu tubuh anak mencapai suhu tubuh di atas 38ºC dan bukan karena akibat adanya infeksi pada susunan pusat saraf anak.

Sebelum kita mengatasi masalah kejang-kejang karena demam tinggi pada anak ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang gejala dan ciri-ciri bahwa anak anda sedang mengalami kejang-kejang yang diakibatkan oleh demam yang tinggi tersebut.

Ciri-ciri dan gejala bahwa anak anda mengalami kejang-kejang karena demam tinggi :

  1. Organ tubuh anak seperti tubuhnya, kakinya dan tangannya menjadi kaku ketika kita pegang.
  2. Kulit wajahnya berubah jadi tampak pucat
  3. Anak anda Kehilangan kesadarannya dan mengalami pingsan
  4. Biasanya kepala anak terkulai baik itu terkulai kearah depan, ke belakang ataupun kesamping. Intinya anak tidak bisa mengontrol kesadaran gerak organ pada dirinya.  Hal ini biasanya disusul dengan gerakan kejut yang kuat yang kita sebut dengan istilah kejang-kejang itu tadi.
  5. Bola matanya terbalik ke atas dan giginya terkatup
  6. Bagi sebagian anak kejang-kejang ini biasanya disertai dengan keluarnya kembali makanan yang sudah ada dalam perutnya keluar kembali melalui mulutnya atau biasa disebut dengan istilah muntah.
  7. Pada sebagian anak, Kadang nafasnya bisa berhenti untuk beberapa saat
  8. Anak yang sedang mengalami kejang-kejang ini biasanya anak tersebut tidak bisa mengontrol buang air kecil maupun buang air besarnya.
  9. Serangan kejang-kejang ini berlangsung hanya beberapa menit. Kemudian kejang-kejang ini akan berhenti dan kesadaran anak anda pun kembali pulih secara bertahap.

Setelah anda mengenal Ciri-ciri dan gejala anak anda mengalami kejang-kejang karena demam tinggi diatas, sekarang saya akan berbagi bagaimana cara pencegahan dan penanggulan terhadap penyakit kejang-kejang karena demam tinggi pada anak tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. untuk pencegahan penyakit kejang ini, maka ukur terus dan catat suhu tubuh anak. Gunakan informasi yang sudah anda catat tadi untuk memantau dan mengetahui pada suhu berapa anak  mulai menderita serangan dari penyakit kejang-kejang ini. Karena ketahanan tubuh dan toleransi seorang anak dengan anak lainnya terhadap penyakit kejang-kejang ini berbeda satu sama lain.
  2. untuk pencegahan penyakit kejang lainnya, maka jika suhu tubuh anak melewati 37,5 Celcius, maka segeralah berikan anak anda obat penurun panas untuk menurunkan panasnya.
  3. Jika anak yang sedang menderita kejang-kejang ini, maka miringkan posisi tubuh si anak anda agar jika anak anda nanti muntah maka anak anda tidak menelan cairan muntahnya sendiri yang nantinya bisa mengganggu pernapasannya.
  4. Jika anak anda kejang-kejang dibawah terik matahari, maka pindahkan dulu tubuhnya ke tempat teduh. Pastikan kepalanya aman dari benturan.bila perlu diberi bantal.
  5. jangan menahan mulut anak anda dengan mengganjal ataupun menggigitkan sesuatu di antara giginya.
  6. pastikan agar anak anda memakai pakaian yang longgar dan tidak ketat. Agar tidak mengganggu pernafasannya dan gerak akftifitasnya.
  7. Jangan selimuti anak anda dengan selimut tebal karena hal ini bisa menghambat penguapan pada tubuh sianak.
  8. Jika anak berhenti dari kejangnya, maka anda jangan cepat-cepat memberi minuman ataupun makanan pada anak anda meskipun dia meminta. karena hal ini takutnya akan membuat anak anda tersedak. Jika anak anda meminta minum, pastikan dulu kondisi kesadarannya sudah benar-benar pulih.
  9. Pastikan anak anda tidak kekurangan oksigen. Maka dari itu jangan biarkan banyak orang berkumpul terlalu banyak satu ruangan dengan anak anda.
  10. Segera periksakan anak anda ke dokter, jangan sampai otak kelamaan tak mendapat oksigen. Karena dengan tidak adanya aliran oksigen ke otak ini bisa menyebabkan sebagian sel-sel otak anak mengalami kerusakan. Dan kerusakan di otak ini dapat menyebabkan epilepsi, kelumpuhan, bahkan retardasi mental pada anak.
  11. Usahakan lama kejang pada anak tidak lebih dari 5 menit. Untuk itu anda harus siaga selalu dan menyiapkan obat antikejang yang disarankan dokter.
  12. Pastikan agar anak anda tidak mengalami kejang-kejang lagi. karena bila seorang anak pernah kejang, maka ada kemungkinan suatu waktu anak anda bisa mengalami kejang lagi.

Demikian paparan artikel dari saya mengenai Cara Mengatasi Kejang Karena Demam tinggi Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun) ini, silahkan baca juga artikel saya yang lain yang masih berhubungan dengan artikel ini yaitu tentang Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun). Semoga Bermanfaat.

Tags: #kesehatan anak #panduan orang tua #perawatan tubuh

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Tips Pijat Refleksi Kesehatan Yang Bisa Di Lakukan Sendiri
Tips Pijat Refleksi Kesehatan Yang Bisa Di Lakukan Sendiri
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)
Demam adalah suatu gejala penyakit yang seringkali
Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak
Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak
Kepercayaan diri pada seorang anak adalah salah
Kriteria Dan Manfaat Air Sehat Yang Layak Di Konsumsi Oleh Tubuh
Kriteria Dan Manfaat Air Sehat Yang Layak Di Konsumsi Oleh Tubuh
Sudah menjadi mindset didalam fikiran kebanyakan orang
Keajaiban dibalik minum air putih
Keajaiban dibalik minum air putih
Sebagian dari tubuh kita salah satunya terdiri
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Memiliki anak yang cerdas dan pintar merupakan
Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat
Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat
Faktor yang mempengaruhi perkembangan seorang anak salah
10 Tips Cara Membersihkan Nikotin Pada Paru Untuk Perokok Berat
10 Tips Cara Membersihkan Nikotin Pada Paru Untuk Perokok Berat
Merokok adalah aktifitas yang merugikan tubuh manusia,
  1. author

    Jim2 tahun yang lalu

    Does your site have a contact page? I’m having problems locating it
    but, I’d like to send you an email. I’ve got some ideas
    for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog
    and I look forward to seeing it develop over time. http://www.yahoo.net

    Balasan
  2. author

    sell junk car2 tahun yang lalu

    excellent points altogether, you simply gained a new reader. What would you suggest about your post that you made some days ago? Any positive?

    Balasan
  3. author

    3ds emulator for android link2 tahun yang lalu

    Thanks for sharing this excellent post. Very interesting ideas! (as always, btw)

    Balasan
    • author
      Penulis

      Apit Saepulloh2 tahun yang lalu

      ok. you’re welcome. i hope this article would be useful for you

      Balasan
  4. author
    Penulis

    Apit Saepulloh2 tahun yang lalu

    ok. thanks for your attention

    Balasan
  5. author

    official site2 tahun yang lalu

    I just want to mention I’m beginner to blogs and truly loved you’re web page. Almost certainly I’m planning to bookmark your website . You actually have superb articles. Thanks a bunch for revealing your webpage.

    Balasan
  6. author
    Penulis

    Apit Saepulloh2 tahun yang lalu

    thanks for your support. thanks

    Balasan
  7. author
    Penulis

    Apit Saepulloh2 tahun yang lalu

    thanks atas tambahan masukannya gan

    Balasan

Beri komentar "Cara Mengatasi Kejang Karena Demam tinggi Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)"

Baca juga×

Top