Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)

dalam Parenting
Hosting Murah Berkualitas

Demam adalah suatu gejala penyakit yang seringkali menyerang pada anak balita atau anak yang masih berusia dibawah lima tahun. Demam ini biasanya terjadi karena bayi kita sebelumnya terserang batuk, pilek, radang tenggorokan,diare, infeksi lain pada saluran pencernaan, dan infeksi saluran pernafasan. Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua jika terjadi demam pada anak adalah anda jangan panik dulu. Dengan rasa panik yang berlebihan biasanya akan lebih membuat suasana semakin tambah tidak menentu dan tidak bisa membuat kita bisa berfikir jernih. untuk itu bersikap tenanglah dan lakukan beberapa hal penting yang akan saya jelaskan nanti sebagai tindakan pertolongan pertama pada anak balita anda yang mengalami demam.

Kebanyakan dari orang tua bisa mengetahui bahwa kondisi anaknya sedang demam itu biasanya dengan cara tradisional yang dilakukan secara turun temurun dari nenek buyutnya yaitu dengan menempelkan belakang tangannya ke dahi si anak. Dengan cara sederhana ini biasanya orang tua tahu bahwa anaknya sedang menderita demam. Secara kasat mata pun seorang anak yang menderita demam ini bisa dikenali dari dari suhu tubuhnya yang sedikit lebih panas dari biasanya, dan kadang-kadang badan mereka pun tampak kelihatan menggigil. Namun bagaimana kondisi sebenarnya bahwa seorang anak itu bisa dikatakan sedang menderita demam? Seorang anak bisa dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuhnya diatas ambang rata-rata suhu normal, yaitu suhu tubuhnya melebihi dari suhu 37,2 derajat celsius.

Sebagai orang tua harus tahu bahwa demam adalah merupakan suatu mekanisme yang terjadi pada tubuh dalam melawan suatu penyakit atau infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan sebagainya. Seperti contoh, ketika seorang anak mengalami demam yang diakibatkan oleh flu, sebenarnya tubuh anak secara alami sedang melakukan perlawanan terhadap serang infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri tadi. Jadi untuk kasus ini jangan gunakan antibiotik untuk mengobati sakit flu nya anak, karena antibiotik tidak dapat membunuh virus dan bakteri tadi. Jadi kesimpulannya antibiotik bukanlah obat flu. Dalam kasus-kasus umum yang lainnya, suhu tubuh panas pada anak ini sebenarnya akan membantu mencegah penyebaran virus dan bakteri tersebut.

Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa seorang anak bisa dikatakan sedang mengalami demam jika suhu tubuhnya melebihi dari suhu 37,2 derajat celsius. Jika kondisi suhu tubuh anak anda masih dibawah kisaran 39 derajat celsius dan tidak mengalami kejang-kejang ataupun tidak rewel dan tidak mengalami muntah, maka lakukan beberapa tips berikut sebagai pertolongan pertama pada anak anda yang sedang mengalami demam.

  1. Gunakan Termometer khusus anak untuk memantau suhu tubuhnya secara berkala.
  2. Pastikan kondisi anak terhindar dari dehidrasi dengan memberikannya minum dalam jumlah banyak
  3. Pastikan konsumsi gizi anak terjaga agar daya tahan tubuhnya tetap prima.
  4. Pastikan anak anda berada pada ruangan yang sirkulasi udaranya memiliki cukup banyak oksigen.
  5. Bila suhu tubuh anak anda melebihi 38 derajat celsius, maka berikan obat penurun demam pada anak anda. Namun jika suhu tubuhnya sudah kembali normal maka segera hentikan pemberian obat penurun demamnya.
  6. Jika suhu tubuh anak mencapai 39 derajat celsius, maka kompreslah anak anda. Letakkan kompresnya bisa dibagian tubuh dahinya, perutnya, lipatan ketiak atau pun disekitar pahanya dengan menggunakan air hangat. Fungsi dari air hangat ini nantinya akan membuat pembuluh darah yang ada di tepi kulitnya melebar dan membuka pori-pori tubuh anak. Sehingga hal ini akan membuat lebih cepat terjadinya penguapan pada tubuh anak.
  7. Pastikan anak anda mengenakan pakaian dengan pakaian yang bisa menyerap keringat.
  8. Jika anak anda menderita menggigil karena demamnya, maka selimuti anak anda dengan selimut. Namun jika demamnya sudah turun dan rasa menggigilnya sudah agak reda maka dilepaskan lagi selimutnya.
  9. Jika demam anak anda tidak segera turun juga, maka segera bawa anak anda ke dokter anak terdekat.

Demikian Tips Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun). Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda sebagai orang tua dalam Mengatasi Demam Pada Anak Balita anda. Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang demam pada anak ini silahkan baca juga artikel saya yang lain yang berjudul Cara Mengatasi Kejang Karena Demam tinggi Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun). Semoga bermanfaat.

Tags: #kesehatan anak #panduan orang tua #perawatan tubuh

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Tips Pijat Refleksi Kesehatan Yang Bisa Di Lakukan Sendiri
Tips Pijat Refleksi Kesehatan Yang Bisa Di Lakukan Sendiri
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi
Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak
Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak
Kepercayaan diri pada seorang anak adalah salah
Kriteria Dan Manfaat Air Sehat Yang Layak Di Konsumsi Oleh Tubuh
Kriteria Dan Manfaat Air Sehat Yang Layak Di Konsumsi Oleh Tubuh
Sudah menjadi mindset didalam fikiran kebanyakan orang
Keajaiban dibalik minum air putih
Keajaiban dibalik minum air putih
Sebagian dari tubuh kita salah satunya terdiri
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Memiliki anak yang cerdas dan pintar merupakan
Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat
Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat
Faktor yang mempengaruhi perkembangan seorang anak salah
10 Tips Cara Membersihkan Nikotin Pada Paru Untuk Perokok Berat
10 Tips Cara Membersihkan Nikotin Pada Paru Untuk Perokok Berat
Merokok adalah aktifitas yang merugikan tubuh manusia,

Beri komentar "Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)"

Baca juga×

Top