Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat

dalam Parenting
Hosting Murah Berkualitas

Faktor yang mempengaruhi perkembangan seorang anak salah satunya adalah makanan, karena makanan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam tumbuh kembang mereka. Kadang sebagai orang tua kita seringkali menghadapi kesulitan ketika kita menginginkan agar anak kita mau dan menyukai makanan yang kita suguhkan kepada mereka. Belum tentu mereka langsung mau dan menyukai setiap kali kita suguhkan menu makanan yang sehat dan bergizi kepada mereka bahkan seringkali kita sebagai orang tua mendapat penolakan dari mereka. Tentunya kita ingin agar mereka mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi supaya perkembangan mereka sesuai dengan apa yang kita inginkan dan harapkan. Hal ini tentunya akan membuat kita sebagai orang tua merasa cemas jika setiap makanan yang kita suguhkan mendapat tolakan setiap saat. Untuk itu diperlukan pendekatan cerdas yang tepat agar mereka bisa menyukai setiap makanan yang kita suguhkan.

Bagi sebagian orang tua yang belum berpengalaman dalam menghadapi prilaku seorang anak mungkin akan merasa frustasi mengatasi hal ini, karena secara teori hal ini terdengar mudah tapi pada saat di dilaksanakan ini tidak akan semudah kedengarannya. Kenapa tidak mudah? karena anak-anak biasanya seringkali pilih-pilih terhadap makanan yang akan mereka makan dan tergantung suka-suka mood mereka. Mereka tentunya belum memiliki kesadaran bahwa makanan yang kita suguhkan itu akan menyehatkan dan membuat mereka tumbuh dengan sehat, mereka hanya peduli bahwa makanan yang mereka makan itu enak dilidahnya saja. Tidak sedikit dari anak-anak itu tidak tertarik mengkonsumsi makanan khususnya sayuran serta buah-buahan, padahal seperti yang kita tahu bahwa sayuran dan buah-buahan itu mengandung nilai gizi dan vitamin yang tinggi, dan itu akan membuat anak-anak kita tumbuh dengan sehat jika buah-buahan dan sayuran ini dikonsumsi oleh anak kita secara normal setiap hari.

Sebagai orang tua pasti menginginkan agar setiap makanan yang kita suguhkan kepada anak kita itu memenuhi kriteria standard 4 sehat 5 sempurna, karena dengan mengkonsumsi makanan yang memenuhi kriteria standard 4 sehat 5 sempurna ini akan sangat memberikan pengaruh yang baik dan positif bagi perkembangan mereka didalam maupun luar. Sebagai pemenuhan kebutuhan gizi anak-anak tersebut maka sebagai orang tua yang baik teruslah  lakukan hal terbaik bagi anak-anak kita dengan menyeimbangkan konsumsi makanan yang bergizi dan jangan terlalu banyak mereka konsumsi makanan yang kurang sehat kepada anak-anak kita. Ikutilah panduan hidangan yang tepat yang memenuhi kriteria standard 4 sehat 5 sempurna tadi dalam setiap menyajikan menu makanan terhadap anak-anak kita.

Adalah suatu momok yang menakutkan jika kita menyajikan makan ini kepada mereka yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan buah dan  sayuran seringkali menjadi permasalahan umum bagi anak-anak, biasanya mereka tidak menyukai makanan ini karena berawal dari rasa yang menurut mereka bahwa buah dan sayur itu kurang sedap dilidahnya, disamping itu juga memang ada beberapa buah dan sayur yang memang dikenal memiliki bau yang cukup menyengat dan berpotensi membuat orang jadi malas untuk mengkonsumsinya, apalagi anak-anak yang sifatnya memang cukup rewel ketika berurusan dengan makan. Permasalahan yang berkenaan dengan hal ini tidak jarang sering membuat banyak orang tua merasa pusing tujuh keliling dibuatnya. Mereka tetap merasa kesulitan untuk mengajak dan membujuk anak-anaknya mengkonsumsi makanan sehat satu ini, mungkin anda juga temasuk di dalam salah satu yang kesulitan mengajak anda mengkonsumsi buah dan sayuran.

Mengingat apa yang sudah dijelaskan diatas maka menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat. Kita langsung saja, berikut beberapa tips yang mungkin anda perlukan :

  1. Perkenalkan secara bertahap kepada anak tentang pengetahuan aneka Sayuran dan Buah-buahan : Mulailah memperkenal tentang pengetahuan sayuran dan buah-buahan kepada anak mulai sejak dini. Mulai dari memberi mereka pengetahuan tentang nama sayur-sayuran dan buah-buahan. Lalu secara perlahan beri mereka penjelasan yang berisi bujukan bahwa jika mereka memakan makanan itu akan membuat mereka menjadi tumbuh lebih baik dan mulai juga ajarkan mereka cara mengkonsumsinya. Buatlah lidah anak anda menjadi mulai terbiasa dan familiar dengan konsumsinya, sampai rasa dan bau dari makanan buah dan sayuran itu tidak dianggap oleh anak kita sebagai sesuatu yang harus dihindari. Lakukan proses pengenalan ini kepada anak dengan benar dan hati-hati dan nikmatilah prosesnya. Cobalah secara bertahap memperkenalkan jenis-jenis makanan sehat lainnya, mengingat bahwa bangsa Indonesia ini memiliki banyak jenis dan kaya akan varian sayur mayur dan juga buah-buahan yang sangat beragam. Perkenalan secara bertahap ini juga penting agar anak terbiasa. Jangan lupa untuk memperkenalkan juga kelebihan-kelebihan yang bisa anak-anak kita dapatkan jika mereka mengkonsumsi makanan sehat ini agar mereka mau dan termotivasi untuk memakannya. Beri mereka penjelasan dengan cara-cara yang relevan dan elegan sehingga jatoh-jatohnya kita sebagai tidak membohongi dan mengajari mereka dengan cara berbohong kepada mereka.
  2. Selalu tersedia buah dan sayuran di rumah : Biasakan agar setiap hari jika perlu disetiap penjuru rumah kita itu tersedia buah dan sayuran seperti di kulkas, meja makan atau tempat lainnya yang relevan sebagai tempatnya. Mungkin ini terdengar klise dan jadul tapi tahukah anda bahwa penglihatan visual yang diterima seorang anak itu sangat penting peranannya dalam membentuk rasa suka dalam diri anak-anak. Hal ini jika dilakukan akan membuka lebar dan menjadi stimulan kepada anak untuk mencoba mencicipi buah dan sayuran setiap hari.  Ketika hal ini berlangsung terus-menerus maka potensi mereka untuk menjadi terbiasa menyukai sayur dan buah-buahan itu kemungkinannya bisa bertambah besar.
  3. Sajikan sayuran dan buah dalam bentuk yang bisa menarik minat anak : Tidak bisa kita sangkal bahwa salah satu faktor yang mendorong kita untuk bernafsu menyantap hidangan salah satunya adalah karena bentuknya yang menggugah selera dan menarik untuk disantap. Hal ini mungkin terdengar sangat klise, namun hal ini benar adanya karena ini pun berlaku bagi dunia anak-anak yang penuh akan imajinasi yang kadang tidak masuk diakal. Oleh karena itu manfaatkan dengan baik kondisi pada anak seperti ini. Lakukan dan sajikan sayuran dan buah dalam bentuk yang bisa menarik minat agar anak ingin selalu mencicipinya. Hal ini tentu saja bukan hanya bisa dilakukan pada penyajian sayur dan buah saja, tapi juga bisa lakukan pada penyajian jenis makanan yang lain juga. Apalagi bagi anda yang baru mulai ingin memperkenalkan sayur dan buah kepada anak maka tidak ada salahnya mencoba menghidangkannya dengan bentuk yang menarik yang mereka sukai, sehingga dengan demikian minat mereka untuk setidaknya mencoba mencicipi hidangan tersebut bisa muncul. Kita bisa mencoba menghidangkannya dalam bentuk tokoh superhero favoritnya ataupun benda favoritnya yang anak anda sukai. Boleh juga anda lakukan dengan cara lain yaitu dengan cara memadukan buah dan sayuran tersebut dengan bahan makanan lain yang menjadi kesukaannya. Tapi jangan lupa juga suatu waktu sesekali berikanlah buah-buahan dan sayuran tersebut dalam bentuk yang aslinya tanpa diolah dan dicampur dengan hidangan lainnya, sehingga mereka bisa lebih mengenal rasanya secara lebih utuh.
  4. Ajak anak secara langsung dalam memetik dan proses mendapatkan sayur serta buah tersebut : Cobalah sekali-sekali ajak anak anda ikut terlibat dalam proses mencari sayur dan buah sampai pengolahannya hingga menjadi suatu sajian. Ajak mereka ke kebun untuk memetik langsung dari pohonnya atau ajak mereka berbelanja kepasar, lalu berikan kebebasan mereka untuk memiliih buah mana yang menarik dan ingin mereka coba konsumsi, sehingga anda hanya bertugas memberi tahu bagaimana nutrisi dan keuntungan jika si kecil mengkonsumsinya. Setelah proses pencarian bahan sayur dan buah anda juga bisa turut melibatkan mereka dalam proses pembuatan hidangan atau masak dengan bahan-bahan tersebut.
  5. Hindari dan kurangi memberikan makanan dalam bentuk Kemasan kepada anak : Di era sekarang ini dengan hadirnya toko modern dan mini market sangat mudah untuk kita mendapatkan makanan dalam bentuk kemasan. Mulai saat ini kurangilah atau jika bisa hindari memberikan makanan dalam bentuk Kemasan kepada anak kita karena hal ini kurang baik bagi kesehatan anak-anak kita. Cobalah pemberian makanan kemasan ini digantikan dengan buah atau sayuran fresh yang lebih menyehatkan. Jika belum bisa menghindarinya maka kurangilah sedikit-sedikit hingga anak anda terbiasa dengan sayur dan buah-buahan.
  6. Lakukan dengan istiqomah, tekun dan sabar : Lakukan poin-poin dan langkah-langkah dari no 1 sampai 5 tersebut diatas dengan istiqomah, tekun dan sabar karena pada prakteknya usaha anda sebagai orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk menyukai hidangan-hidangan yang sehat bagi anaknya memang perlu perjuangan. Kadang dalam melakukan step-step diatas tidak selalu berjalan mulus, sehingga butuh waktu dan cara yang tidak memiliki ukuran pasti agar berhasil dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kadang bagi sebagian orang langkah-langkah ini hanya membutuhkan 1 sampai 2 kali perkenalan anak kita bisa langsung menyukai dan menikmati hidangan sayur dan buah tersebut, namun ada juga yang perlu diperkenalkan hingga belasan kali dan puluhan kesempatan untuk kemudian membuat mereka menjadi suka dengan sayuran ataupun buah-buahan.  yang jelas dan terpenting kunci utamanya adalah kita harus terus berjuang demi kebaikan anak-anak kita dalam segala hal terutama dalam memperkenalkan makanan sehat sayuran dan buah ini hingg nanti anak-anak kita bisa menyukai hidangan yang dikenal sarat dengan berbagai manfaat untuk tubuh.

Demikianlah beberapa tips Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat mulailah dari sekarang perkenalkan anak anda dengan sayuran dan buah-buahan. semoga dengan beberapa cara tersebut diatas anak-anak kita mau mengkonsumsi semua makanan sehat yang kita sajikan terutama buah-buahan dan sayuran.

Tags: #kesehatan anak #panduan orang tua #pendidikan anak #psikologi anak

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)
Demam adalah suatu gejala penyakit yang seringkali
Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak
Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak
Kepercayaan diri pada seorang anak adalah salah
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Memiliki anak yang cerdas dan pintar merupakan

Beri komentar "Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat"

Baca juga×

Top