Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak

dalam Parenting
Hosting Murah Berkualitas

Kepercayaan diri pada seorang anak adalah salah satu faktor yang bisa menentukan masa depan mereka nantinya. Dengan rasa percaya diri yang tinggi akan membuat seorang anak tidak minder ketika bergaul dengan teman-temannya. Dengan kepercayaan yang tinggi juga akan membuat seorang anak menjadi pribadi yang kuat, tangguh dan tidak mudah bimbang ataupun galau ketika sedang dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan nantinya di masa yang akan datang. Dengan alasan-alasan ini maka menjadi sangat penting sekali untuk kita sebagai orang tua agar bisa merangsang dan menumbuhkan rasa percaya diri ini pada anak-anak kita dengan melatih rasa percaya diri mereka sejak dini.

Ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk tujuan ini. Mengingat bahwa seorang ibu dan ayah adalah sekolah pertama yang mengajarkan berbagai hal kepada anaknya, maka penting untuk kita sebagai orang tua mengetahui bagaimana cara melatih kepercayaan diri pada seorang anak sejak dini. Ayah dan ibu punya peran penting dalam tumbuh kembang anak-anaknya. Salah satu yang perlu ditanamkan adalah sikap percaya diri ini.

Kita langsung saja bagaimana caranya kita melatih kepercayaan diri pada seorang anak.

1. Buat anak anda yakin bahwa dia mampu melakukan banyak hal

Buat anak anda merasa yakin pada dirinya sendiri bahwa dirinya mampu melakukan banyak hal. caranya adalah ketika anak kita sedang melakukan sesuatu hal seperti meraih suatu benda yang ada disekelilingnya. beri mereka motivasi dengan kata-kata “Ayo kamu bisa”. Jika mereka gagal meraih benda tersebut maka teruslah beri support kepada mereka dengan perkataan “ayo coba lagi, kamu pasti bisa”.

Biasakan mengajari mereka agar sebelum anak anda melakukan sesuatu agar anak anda memberikan sugesti pada dirinya sendiri dengan kata-kata “aku pasti bisa”. Biasakan hal ini pada anak anda agar memberikan efek yang baik pada psikologisnya.

2. Libatkan anak dalam segala hal dan jangan melayani mereka

Libatkan anak dalam segala hal dan jangan layani mereka. Maksudnya adalah kita jangan berbuat sesuatu hal untuk anak kita tapi berbuatlah sesuatu hal bersama mereka. Artinya libatkan mereka dalam segala aktifitas jika aktifitas itu memang dimungkinkan bisa dilakukan bersama anak anda. Seperti contoh kecil, membereskan tempat tidur anak bersama-sama anak anda, jadi anda jangan dibiasakan melayani mereka membereskan tempat tidurnya sendirian tanpa melibatkan anak anda, karena hal ini memberikan efek yang baik untuk perkembangan rasa percaya diri mereka.

3. Biasakan untuk membantu anak seperlunya jika mereka menghadapi kesulitan

Sebagai orang tua yang sayang kepada anaknya tentunya secara naluri akan membantu anaknya secara full ketika anak anda sedang mengalami kesulitan. Mulai saat ini biasakanlah ketika anak anda mengalami kesulitan seperti contoh kecil, anak anda kesulitan meraih sesuatu benda yang ada diatas meja yang tidak bisa diraihnya. Anda jangan langsung membantunya dan turun tangan mengambil benda tersebut, tapi bantulah mereka seperlunya dengan memberikan saran serta pandangan kepada mereka seperti menyuruhnya untuk menggunakan kursi agar benda tersebut bisa diraihnya. Hal ini juga baik untuk melatih perkembangan rasa percaya diri pada mereka.

4. Biarkan anak berkreasi sendiri dan berbangga dengan hasil kreasinya sendiri

Biarkan anak anda melakukan kreasinya sendiri tanpa campur tangan anda, Jangan memberikan komentar negatif yang bisa membuat semangat mereka down tapi berikanlah anak anda pujian atas kreasinya agar mereka bisa berbangga hati dengan hasil kreasinya sendiri. Selain bisa melatih kreatifitas yang ada dalam dirinya, ini juga bisa memberikan motivasi lebih untuk dirinya sendiri agar semakin kreatif lagi dalam berkreasi dan ini pun sekaligus bisa meningkatkan rasa percaya diri pada diri mereka.

5. Berikan pujian atas proses usaha kreatif anak, bukan pada hasilnya.

Berikan mereka pujian atas proses usaha kreatifnya, bukan memberikan pujian pada hasilnya. Buat anak anda mengerti bahwa anda memuji proses usahanya bukan hasilnya. Dengan demikian walaupun nanti kreasinya gagal tapi anak anda akan terangsang untuk terus bersemangat mencoba lagi dan mencoba lagi tanpa pantang menyerah. hal ini pun baik untuk perkembangan rasa percaya diri dalam jiwanya.

6. Dampingi anak untuk mendapat pengalaman baru yang lain.

Sebagai orang tua, usahakan kita harus selalu ada ketika anak kita akan mencoba pengalaman baru yang lain. Malah akan lebih baik jika anda sebagai orang tua selalu lebih aktif mengajak dan mengarahkan anak anda untuk mencoba pengalaman baru lain. Tentunya hal positif yang bisa memperkaya pengalaman anak dan membuat perkembangan anak mengarah ke arah yang lebih baik. Pastikan kita sebagai orang tua selalu siap mendampingi dan ada setiap saat ketika mereka butuh dorongan ataupun bantuan.

7. Ajari anak untuk menyikapi setiap kekecewaan dengan bijak

ketika seorang anak mengalami kekecewaan tentunya anak kita perlu dorongan dan dukungan dari kedua orang tuanya untuk memulihkan kembali semangatnya setelah dirundung kekecewaan. Ajarkan kepada anak bagaimana cara menyikapi rasa kecewa yang terjadi secara bijak. Buat mereka agar tidak perlu mencari-cari objek untuk dipersalahkan dalam suatu keadaan  jika terjadi kekecewaan. Hal ini selain baik untuk memupuk rasa percaya dirinya juga baik untuk membentuk karakter dan pribadinya.

8. Memberi contoh teladan dalam kehidupan sehari-hari dari orang tuanya

Pada akhirnya kedua orang tuanyalah yang menjadi contoh paling dekat dan berpotensi untuk diikuti dan dicontoh oleh seorang anak. oleh sebab itu, maka anda sebagai orang tua harus bisa mempraktekkan sikap percaya diri ini di kehidupan sehari-hari. karena jika anak anda melihat orangtuanya memiliki keyakinan yang tinggi dalam menghadapi segala urusan termasuk dalam hal pengambilan keputusan, Maka dari itu prilaku anda sebagai orang tuanya akan menjadi contoh paling dekat bagi anak anda karena prilaku anak itu tidak akan jauh dari mencontoh kenyataan-kenyataan yang ada disekelilingnya termasuk mencontoh prilaku anda sebagai orang tuanya. Intinya prilaku anda sebagai orang tuanya pun berpotensi besar dalam memengaruhi perkembangan rasa percaya diri pada anak anda.

demikian beberapa poin dari saya tentang Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak. Selain poin-poin diatas tentunya masih banyak lagi cara lainnya untuk membangkitkan rasa percaya diri pada anak anda. Anda bisa mencari cara lainnya lagi yang relevan dengan tema artikel ini. Semoga bermanfaat.

Tags: #panduan orang tua #pendidikan anak #psikologi anak

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)
Cara Mengatasi Demam Pada Anak Balita (Bawah Lima Tahun)
Demam adalah suatu gejala penyakit yang seringkali
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Ingin Anak Anda Tumbuh Lebih Pintar Dan Cerdas? Lakukan 10 Cara Ini
Memiliki anak yang cerdas dan pintar merupakan
Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat
Cara Membuat Anak Agar Menyukai Makanan Sehat
Faktor yang mempengaruhi perkembangan seorang anak salah

Beri komentar "Cara Melatih Kepercayaan Diri pada Seorang anak"

Baca juga×

Top