Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp

dalam Wordpress
Hosting Murah Berkualitas

Sebagai lanjutan dari pembelajaran membangun website, kali ini saya akan bahas bagaimana caranya menginstal wordpress di komputer localhost anda dengan menggunakan software Xampp. Tahap ini saya bahas untuk anda yang menginginkan atau mengidam-idamkan untuk segera memiliki sebuah website dengan instan atau cepat tanpa melakukan banyak coding yang akan memusingkan anda. Untuk keperluan ini saya sarankan kepada anda yang masih awam di dunia website untuk menggunakan salah satu CMS atau Content Management System WordPress yang sebentar lagi akan saya bahas.

Dengan menginstal WordPress pada komputer localhost anda, maka anda nantinya akan memiliki sebuah website dengan cepat pada komputer anda secara offline. Pengertian offline disini tentunya adalah anda bisa melihatnya langsung website milik anda pada komputer anda tanpa harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu. Jika wordpress ini sudah terinstal pada komputer localhost anda, maka nantinya anda akan bisa mendesign lebih dahulu website wordpress anda sebelum di hosting pada tempat hostingan anda agar bisa di akses di internet. Jadi cara ini juga bisa jadi alternative bagi anda yang belum memiliki tempat web hosting file-file website anda.

Jika file-file website anda yang anda bangun dengan cms yang berbasis wordpress ini sudah selesai anda atur dan rapihkan tampilan serta konfigurasinya, maka tahap selanjutnya yaitu anda harus mengupload file-file website anda tersebut ke tempat hosting yang berbayar agar nantinya website anda tersebut bisa di akses oleh semua orang di seluruh penjuru dunia melalui media internet.

Sekarang kita mulai saja bagaimana Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp ini. Pertama-tama silahkan anda instal dulu software Xampp nya pada komputer anda, untuk langkah-langkah cara menginstal Xampp nya bisa anda lihat tutorialnya di artikel saya yang lainnya yang berjudul Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP.

Setelah Software Xampp nya sudah terinstal pada komputer anda, maka langkah keduanya adalah anda harus memiliki file wordpress. Untuk mendapatkan file wordpress ini, silahkan lanjutkan terus membaca artikel ini.

Cara Download Untuk Mendapatkan File WordPress

Setelah Software Xampp nya sudah anda instal, maka silahkan siapkan dulu file WordPress yang akan anda tanamkan pada webserver Xampp pada komputer anda. Jika anda belum memiliki file wordpressnya, maka silahkan download dulu file wordpressnya langsung melalui link resmi WordPress.org atau klik disini. File wordpress versi terbarunya bisa anda dapatkan cuma-cuma alias gratis pada link ini. jika gambar terlalu kecil atau kurang jelas ketika di lihat, silahkan klik saja gambarnya untuk memperbesar tampilannya.

halaman untuk download file wordpress

Setelah anda klik tombol Download WordPress 4.6.1 pada gambar diatas, maka akan muncul dialog box untuk mendownload sekaligus menyimpan filenya pada komputer anda. Silahkan pilih Save File lalu klik OK untuk mulai mendownload file wordpressnya.

download dan simpan file wordpress

Versi WordPress yang saya download ketika membuat artikel ini adalah wordpress 4.6.1. Dimasa yang akan datang ketika anda akan mendownload file wordpress ini, mungkin anda akan mendapatkan versi lainnya lagi yang lebih update. Tapi jangan khawatir, jika anda kesulitan dalam instalasi wordpress versi terbarunya anda tinggal konfirmasi memberi tahu saya untuk mengupdate artikel ini dengan mengirim email lewat halaman kontak saya dengan klik disini. Sekarang silahkan anda buka file wordpress hasil download tadi untuk melihat filenya dengan klik icon folder seperti gambar dibawah ini.

membuka lokasi file wordpress hasil downloadan

Jika file wordpressnya sudah anda download, lalu silahkan anda ekstrak dulu file wordpress yang baru saja anda download tadi dengan aplikasi seperti winrar dan aplikasi kompres dekompres lainnya, karena biasanya file hasil downloadan tadi masih dalam bentuk file kompresan. Silahkan klik kanan filenya lalu pilih extract to wordpress-4.6.1. Untuk jelasnya lihat gambar

ekstrak file wordpress

Setelah file wordpressnya sudah anda ekstrak, maka silahkan anda masuk ke folder Xampp yang sudah terinstal pada komputer anda tersebut. Lalu copy Folder wordpress-4.6.1 hasil ekstrak tadi dan masuk ke folder berikut ini.

C:\xampp\htdocs

lokasi folder htdoc

Setelah anda masuk pada folder C:\xampp\htdocs ini, maka silahkan paste Folder wordpress-4.6.1 tadi di folder ini. sehingga folder tadi letaknya ada di folder ini. Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini.

lokasi paste file wordpres-4.6.1

Jika folder wordpress-4.6.1 ini dibuka pada alamat C:\xampp\htdocs\wordpress-4.6.1, maka tampilannya akan berisi dengan file-file wordpress yang siap anda digunakan. lihat dibawah ini.

isi folder wordpress-4.6.1

Sebagai catatan bagi anda bahwa Folder C:\xampp\htdocs ini merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file website anda yang nantinya bisa anda buka secara offline di browser. Jika anda menaruh file-file website anda selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. Secara default, posisi folder C:\xampp\htdocs ini letaknya ada di drive C. Jadi pastikan jangan sampai anda salah menyimpan file-file websitenya.

Cara Instal WordPress Di Komputer Localhost

Setelah folder wordpress-4.6.1 yang anda download dan ekstrak tadi sudah berada di folder C:\xampp\htdocs, sekarang kita lanjutkan bagaimana cara menginstal file wordpress tadi agar bisa di akses secara offline pada komputer localhost anda.

Sebelum melakukan instalasi wordpress, silahkan anda rename dulu nama folder wordpress-4.6.1 anda ke nama domain website yang anda inginkan. Seperti contoh nama websitenya adalah websitepertamaku.com. Sehingga folder wordpress-4.6.1 tadi berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

ganti nama website di localhost

Setelah itu silahkan anda buka software aplikasi Xampp yang sudah terinstal pada komputer anda. klik Xampp Control Panel.

buka aplikasi xampp

Jika aplikasi Xampp nya sudah terbuka, silahkan klik tombol Start yang sejajar dengan teks Apache dan Mysql sehingga tampilannya menjadi seperti gambar dibawah ini.

aktifkan apache dan mysql di control panel xampp

jika aplikasi Xampp anda sudah menjadi seperti tampilan yang ada pada gambar diatas, berarti Apache dan Mysql pada komputer anda sudah aktif dan siap untuk menampilkan file-file website yang ada pada C:\xampp\htdocs beserta databasenya.

Setelah Apache dan Mysql pada Control Panel Xampp sudah aktif, Sekarang silahkan anda buka browser favorit Anda. Kalau saya biasanya memakai Browser Mozilla firefox.

Tahap selanjutnya adalah Membuat Folder untuk menampung Database Website anda. Untuk itu silahkan anda ketik :

http://localhost/phpmyadmin/

Ketik teks http://localhost/phpmyadmin/ pada Address Bar browser anda untuk membuka halaman phpmyadmin. Lihat gambar dibawah ini.

buka php myadmin

Lalu silahkan anda klik tab Databases dan isi Nama Databasenya di bawah Create Database. Untuk jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

buat nama database website

Jika setelah anda mengklik tombol Create lalu kemudian jika nanti tampil Nama Database nya seperti pada gambar dibawah ini, maka berarti Folder Database sudah berhasil dibuat. Dan nanti Folder Database ini akan kita isi melalui proses instalasi wordpress. lihat Folder Database yang sudah dibuat pada gambar berikut.

folder database berhasil di buat

Setelah Folder Databasenya sudah dibuat, maka tahap selanjutnya yaitu Instalasi WordPress nya untuk mengisi Folder Database yang sudah kita buat tadi sekaligus menanamkan script wordpress nya pada Folder Website anda. Dimana dalam latihan ini nama folder website anda yaitu folder websitepertamaku.com yang ada pada folder C:\xampp\htdocs.

Untuk melakukan proses instalasi wordpressnya silahkan anda ketik :

http://localhost/websitepertamaku.com

Ketik alamat URL diatas pada kotak URL atau Address Bar browser anda, maka secara otomatis anda akan di bawa ke halaman http://localhost/websitepertamaku.com/wp-admin/setup-config.php. Lalu pilih bahasa yang akan digunakan yaitu pilihan defaultnya adalah English (United States). Lalu silahkan dilanjutkan dengan mengklik Create a Configuration File untuk melanjutkan instalasi wordpressnya. Untuk lengkapnya lihat contoh gambar dibawah ini.

setting konfigurasi setup wordpress

Jika tampil seperti gambar berikut dibawah ini, selanjutnya silahkan klik tombol let’s go!

halaman setup config php

Untuk latihan pertama silahkan konfigurasi databasenya dengan mengisi form selanjutnya sesuai dengan konfigurasi berikut ini :

Database Name : db_websitepertamaku

username : root

Database : localhost

Table Prefix : wp_

sesuai dengan gambar dibawah ini. lalu silahkan klik tombol Submit.

membuat dan konfigurasi database website

Setelah anda klik tombol Submit, maka anda akan dibawa kehalaman berikutnya. Lalu silahkan anda klik Run the install untuk memulai instalasi wordpressnya. lihat gambar dibawah ini.

mulai proses instalasi wordpress

Selanjutnya silahkan anda masukkan informasi website anda seperti contoh gambar dibawah ini. Lalu klik tombol Install WordPress.

masukkan informasi website

Sebagai catatan, Pada bagian Check Box Search Engine Visibility anda boleh ceklist ataupun tidak ceklist itu terserah anda. Tapi Jika pada bagian Check Box Search Engine Visibility itu anda ceklist, maka itu artinya jika nanti website anda sudah online maka artinya anda menginginkan agar website anda itu untuk sementara jangan di index dulu oleh search engine karena masih dalam tahap pengeditan.

Tapi bila Check Box Search Engine Visibility itu tidak di ceklist, itu artinya jika nanti website anda sudah online maka anda menginginkan website anda itu agar di index oleh search engine.

Karena alasan kita saat ini masih sedang melakukan tahap editing pada website yang sedang kita buat, maka saya sarankan agar Check Box Search Engine Visibility ini di ceklist agar proses pengeditan yang sering ini tidak ngeping ke search engine dan tidak di anggap spam oleh search engine.

Tapi ingat, bila nanti website anda sudah online di internet maka anda jangan lupa untuk mensetting Search Engine Visibility nya dalam keadaan tidak di ceklist. Karena jika anda lupa melakukan ini, maka sampai kapan pun website anda itu tidak bisa di crawl oleh search engine. Dan ini merupakan kerugian besar dan kesalahan fatal untuk website anda.

bagi anda yang melakukan settingan seperti gambar diatas, nanti akan saya ajarkan bagaimana melakukannya agar website anda itu bisa di index oleh search engine.

jika tahap diatas dilakukan, maka akan prosess instalasi wordpress akan dilakukan. Jika proses instalasi wordpressnya sudah selesai maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut ini.

instalasi-wordpress-berhasil

Setelah proses instalasi berhasil dilakukan, maka silahkan klik login untuk masuk pada halaman dashboard wordpress anda dengan menggunakan akun login yang sudah anda buat tadi melalui Alamat URL http://localhost/websitepertamaku.com/wp-login.php dengan menggunakan :

username : apit

password login : 0123456789

login ke website wordpress

Sampai tahap ini berarti website wordpress anda sudah siap anda akses pada browser anda dan silahkan anda ketik saja http://localhost/websitepertamaku.com pada Address Bar Browser anda untuk melihat tampilan websitenya.

Oke, sampai tahap ini sekarang anda sudah memiliki file website secara offline pada komputer anda. Silahkan anda kunjungi terus website peterwebs.com ini untuk mendapatkan update-update artikel terbaru bagaimana cara menyempurnakan website anda yang berbasis wordpress ini. Saya pun akan bagikan pengetahuan saya semampu yang saya bisa untuk melengkapi pengetahuan anda tentang ilmu website lainnya sehingga nanti anda bisa menjadi seorang ahli dalam membuat website bahkan jika anda rajin mengikuti update-update artikel dari website ini, maka saya memiliki impian agar suatu hari anda akan menjadi seorang Develover. Pengetahuan dan Skillnya nanti akan saya susun secara sistematis agar mudah untuk anda fahami serta materinya akan saya tambah terus di website peterwebs.com ini untuk pengunjung setia website ini.

Jika anda belum faham benar dengan langkah-langkah yang saya jelaskan pada artikel ini, maka silahkan anda langsung tonton saja Video Tutorialnya. melalui Link yang dibawah ini. Atau Jika anda ingin melihat semua Video Tutorial Pembelajaran Website lainnya yang sudah saya upload ke youtube, maka silahkan anda kunjungi saja channelnya dengan klik link ini

https://www.youtube.com/channel/UCyHUJtWm75DPmaJ93L5trog

Untuk memudahkan anda mendapatkan Update Video terbarunya, maka silahkan anda klik tombol SUBSCRIBE atau LANGGANAN di channel youtube tadi GRATIS tidak dipungut biaya sepeserpun.

Sedangkan jika anda ingin Memaksimalkan Pengetahuan Tentang Komputer, maka silahkan klik

https://www.youtube.com/channel/UCCN00g4lvoawk5tWsU-_syA

Jangan lupa klik tombol SUBSCRIBE nya untuk ber LANGGANAN GRATIS di channel youtube KE-2 saya ini untuk memudahkan anda mendapatkan UPDATE VIDEO TERBARU dari saya.

Saya cukupkan sekian dulu artikel saya yang berjudul Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp ini. Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda untuk memiliki sebuah website yang anda impikan. Silahkan ikuti terus perkembangan website ini karena saya akan terus membagikan pengetahuan saya tentang ilmu website ini sampai nanti website anda bisa online dan bisa di akses oleh seluruh orang di dunia melalui media internet. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Tags: #belajar wordpress #blogging #membangun website #trik wordpress #tutorial website #web design #Web Hosting

author
Penulis: 
Saya adalah Seorang Blogger yang aktif dan konsen di bidang programming, web design, graphic design dan bisnis online. Saya juga tertarik pada bidang Parenting, Kesehatan dan informasi bermanfaat lainnya.
Website Tempat Download Gambar Gratis
Website Tempat Download Gambar Gratis
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Cara Posting Artikel Di Website Berbasis WordPress
Pada saat yang lalu saya sudah membahas
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Cara Posting Artikel Di Blogspot
Setelah anda mengikuti artikel saya yang berjudul
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Untuk Blogger Pemula
Berdasarkan permintaan temen saya dan subscriber di
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Konfigurasi WordPress Yang Penting Untuk Diketahui
Pada kesempatan yang lalu saya sudah membahas
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Menambahkan Banyak Domain Dalam Satu Hosting Dengan Add-On Domain
Bagi anda yang ingin memiliki banyak website
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Cara Merubah DNS Atau Name Server Dari Domain Yang Baru Di Beli
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Cara Membeli Domain Dan Hosting
Salah satu persyaratan untuk bisa memiliki sebuah
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Cara Install WebServer XAMPP Dan Cara Mendownload Software XAMPP
Sebelum anda memulai untuk belajar membuat website,

Beri komentar "Cara Install WordPress Di Localhost Dengan Xampp"

Baca juga×

Top